Salin Artikel

Warga Pekanbaru Positif Covid-19 Varian Omicron, Gubernur Riau: Sudah di-"Tracing"

Pasien tersebut dinyatakan positif setelah menjalani hasil pemeriksaan tes swab di laboratorium di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Pejelasan Gubernur

Menanggapi hal ini, Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan bahwa tim medis telah melakukan tracing kontak erat pasien.

Berdasarkan hasil tracing, sebagian besar keluarga dari pasien tersebut dinyatakan negatif.

"Iya benar, saat ini memang ada satu orang warga Riau yang terkonfirmasi positif dan variannya Omicron beberapa hari yang lalu. Sudah dilakukan tracing dan sebagian besar dari keluarganya adalah negatif," ujar Syamsuar saat diwawancarai wartawan, Minggu (30/1/2022).

Ia menyebutkan, warga Pekanbaru tersebut telah melakukan perjalanan ke Batam.

Saat pemeriksaan, yang bersangkutan terdeteksi terpapar Omicron.

Syamsuar mengingatkan, masyarakat tidak perlu khawatir.

Namun, ia berpesan agar masyarakat tetap waspada dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) agar tidak tertular terhadap virus varian ini.

"Tak perlu khawatir ataupun takut. Yang penting adalah kita menjaga agar tentunya kita bisa menghindari kerumunan. Kalau tidak penting keluar rumah tak usah keluar. Tapi kalau pun harus keluar, patuhi protokol kesehatan," kata Syamsuar.


Pemeriksaan lanjutan

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Masrul Kasmy mengatakan, berdasarkan pernyataan dari pihak Satgas Covid-19 Batam melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), pasien terkonfirmasi positif ini termasuk kasus probable varian Omicron.

Menurutnya, kasus probable varian Omicron ini, memang harus ada pemeriksaan lanjutan yang dilakukan melalui pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS).

"Karena apa yang disampaikan seperti dari WHO ini 80 persen kasus, jika SGTF-nya positif itu omicron. Tapi, harus diputuskan dengan hasil yang terdapat di laboratorium dari Jakarta," terang Masrul.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/30/180116778/warga-pekanbaru-positif-covid-19-varian-omicron-gubernur-riau-sudah-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke