Salin Artikel

PMI dari Malaysia Masuk Kalbar Positif Omicron, Seluruh Petugas Pelayanan PMI Dites Covid-19

PONTIANAK, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson memastikan, seluruh petugas pelayanan pekerja migran Indonesia (PMI) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, akan dilakukan tracing dan testing.

Hal tersebut dilakukan setelah ditemukannya seorang PMI terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

"Satgas Covid-19 Kalbar akan melaksanakan tracing dan testing terhadap seluruh petugas yang melakukan pelayanan kepada PMI baik di PLBN maupun di tempat karantina dan isolasi terpadu," kata Harisson kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Harisson meminta petugas pelayanan dan penanganan Covid-19 di perbatasan harus ekstra hati-hati dalam penanganan PMI, baik saat proses masuk, karantina, dan isolasi.

"Dikhawatirkan kalau penanganan tidak sesuai SOP dan prokes yang ketat maka petugas akan tertular Omicron yang pada akhirnya akan menyebar di Kalbar," ucap Harisson.

Diberitakan, seorang pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia, yang masuk melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Kalimantan Barat (Kalbar) terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Kepastian tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium yang dilakukan Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

"Saya baru dapat surat dari Balitbangkes, satu orang PMI positif Covid-19 varian Omicron," kata Harisson.

Harisson menerangkan, satu orang PMI tersebut masuk melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, pada 23 Desember 2021.

Saat diperiksa, lanjut Harisson, warga asal Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan tersebut dites swab polymerase chain reaction (PCR) hasilnya positif Covid-19.

"Kemudian, sampel swabnya dikirim ke Balitbangkes pada 29 Desember. Dan hasilnya baru saya terima hari ini (positif Omicron)," ucap Harisson.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/22/062037278/pmi-dari-malaysia-masuk-kalbar-positif-omicron-seluruh-petugas-pelayanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke