Salin Artikel

Gubernur Olly Dondokambey Tunjuk 34 Staf Khusus, Berapa Gaji Mereka?

MANADO, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey telah menunjuk 34 orang staf khusus yang akan membantu kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Staf khusus yang begitu banyak ini diharapkan mampu memenuhi harapan-harapan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) untuk menjadikan Sulut lebih hebat ke depan.

Hal itu dikarenakan para staf khusus yang diangkat ini dinilai sudah memiliki jam terbang dan pengalaman-pengalaman yang luar biasa, sehingga mampu mendukung dan memberdayakan termasuk memberikan masukkan-masukkan pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut sesuai dengan bidang-bidang yang bersangkutan.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulut Gammy Kawatu mengatakan, 34 staf khusus ini mengisi posisi di bidang yang berbeda.

"Surat Keputusan (SK) 34 staf khusus ini sudah diserahkan kemarin dulu," kata Gammy, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (20/1/2022).

Gammy mengatakan, staf khusus yang diangkat menurut pimpinan dan sudah dikaji lebih dulu.

"Mereka yang ditunjuk ini semuanya kompeten sesuai fungsi di bidangnya masing-masing. Misalnya, staf khusus bidang pariwisata, diisi oleh orang yang paham tentang pariwisata, makanya dikasih ke Dino Gobel. Begitu selanjutnya," ujar dia.

Dikatakan Gammy, sebagian staf khusus dibiayai oleh anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Provinsi Sulut.

"Tapi untuk aparatur sipil negara (ASN) sesuai ketentuan tidak dibiayai, mereka hanya pengabdian. Sedangkan yang bukan ASN digaji. Gaji mereka sekitar Rp 7-10 juta rupiah," ujar dia.


Puluhan staf khusus ini di antaranya diisi para mantan pejabat, rohaniwan, akademisi, politisi dan aktivis.

Bahkan, sebagian besar staf khusus yang ditunjuk ini sudah mengisi posisi sebelumnya di periode pertama Olly-Steven.

"Staf khusus ini tetap, hanya ada satu tidak (lagi), dan dua orang bertambah," sebut Gammy.

Ditanya apakah 34 staf khusus ini orang dekat Olly dan Steven, Gammy tidak berkomentar banyak.

"Yang jelas semuanya kompeten dan satu visi untuk membantu mengoptimalkan pembangunan daerah," singkat dia.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, selain mantan pejabat Pemprov Sulut, sebagian staf khusus ini di antaranya politisi PDI-P senior, mantan anggota DPRD, rohaniwan, orang dekat, tim sukses, dan bagian media saat pemenangan pilkada lalu.

Diketahui, SK 34 staf khusus ini diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Steven Kandouw, di Ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut, Selasa (18/1/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/01/21/050300078/gubernur-olly-dondokambey-tunjuk-34-staf-khusus-berapa-gaji-mereka-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke