Salin Artikel

Video Viral Harimau Muncul di Pasaman Barat, BKSDA Halau dengan Cara Ini

PADANG, KOMPAS.com - Seekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) muncul di Pasaman Barat, Sumatera Barat, dan terekam kamera warga.

Video tersebut viral beredar di sejumlah media sosial, salah satunya di akun Instagram @infopasbar_.

Dalam keterangan video yang ditulis @infopasbar_, disebutkan bahwa harimau itu muncul di Situak Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, pada Senin (17/1/2022).

"Penampakan seekor Harimau aka Inyiak Balang di Situak Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat (17/01/2022). Sumber @rivalda_06," tulis akun tersebut.

Dari jarak dekat, harimau itu terlihat tenang bahkan sampai berbaring di tanah. Tak lama setelah itu, harimau pergi meninggalkan lokasi.

Warga yang merekam penampakan harimau ini terlihat berada di ekskavator dengan jarak hanya beberapa meter dari harimau.

Berkaitan dengan video viral ini, Kompas.com menghubungi Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ardi Andono.

Ardi mengaku sudah mendapat informasi terkait harimau di Pasaman Barat ini. Pihaknya pun sudah menerjunkan tim ke lokasi.

"Tim sudah berada di lokasi saat ini," kata Ardi dihubungi Kompas.com, Rabu (19/1/2020).

Ardi mengatakan, untuk melindungi harimau, pihaknya meminta agar semua kegiatan yang sifatnya mengganggu harimau dihentikan sementara.

“Kita upayakan penghalauan dengan menggunakan (bunyi-bunyian) meriam (karbit),” ujar Ardi.

Dikutip dari laman resmi KSDAE Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, bunyi-bunyian seperti meriam karbit biasanya cukup efektif dalam penghalauan atau pengusiran satwa liar agar menjauh dan masuk ke dalam habitatnya lagi.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/19/141905578/video-viral-harimau-muncul-di-pasaman-barat-bksda-halau-dengan-cara-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke