Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Penajem Paser Utara, Ibu Kota Baru Nusantara | Usai Vaksin, Siswa SD Meninggal Dunia

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa pada Senin (17/1/2022), ibu kota Indonesia yang baru akan diberi nama Nusantara.

Sementara itu di Tasikmalaya, seorang siswa kelas V SD meninggal dunia pada Senin (17/1/2022).

Sebelum meninggal, ia sempat mengikuti vaksinasi anak umur 6-11 tahun dosis pertama pada Saabtu (15/1/20221).

Dua berita tersebut menjadi perhatian banyak pembaca Kompas.com dan berikut lima berita populer Nusantara selengkapnya:

Ibu Kota Negara akan diberi nama Indonesia.

Kabupaten Penajam Paser Utara yang menjadi lokasi IKN merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Paser dan menjadi kabupaten termuda kedua di Kalimantan Timur.

Secara geografis Kabupaten Penajam Paser Utara berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara di sebelah utara, Kota Balikpapan dan Selat Makassar di sebelah timur, dan Kabupaten Paser di sebelah barat dan selatan.

Sebelum meninggal, siswa tersebut mengikuti vaksinasi anak umur 6-11 tahun untuk dosis pertama pada Sabtu (15/1/2022).

Ia kemudian mengalami kejang-kejang dan penurunan kesadaran lalu kritis hingg dilarikanke RSUD Soekardjo Kota Tasikmalaya, Minggu (16/1/2022) malam.

Bocah tersebut sempat menjalani perawatan di rumah sakih hingga hingga akhirnya menghembuskan napas terakhirnya pada Senin petang.

Dua pelaku adalah EJ (39) paman korban dan S (46) tetangga korban. Mereka berdua memperkosa korban berusia 21 tahun berulang kali hingga hamil.

Polisi sempat menangkap kedua pelaku dan ditahan dengan status tersangka sejak November 2021.

Keduanya dilaporkan tetangga pelaku dan korban yang bernama Dayat.

Saat dikonfirmasi, Dayat membenarkan sudah mencabut laporannnya dan dua tersangka sudah bebas dan kembali kepada keluarganya.

Ia mengaku mencabut laporan karena salah satu pelaku yakni S akan menikahi korban

"Kemarin sudah empat hari yang lalu (cabut laporan), alasannya kemanusaian. Karena tetangga juga, melihat keluarganya (tersangka) mengkhawatirkan, miris banget keluarganya," ujar Dayat.

Gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang itu diajukan lantaran Bambang dipecat sebagai kepala desa setelah terbukti di pengadilan melakukan perzinahan dengan seorang wanita berinisial AL.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo menyatakan gugatan yang diajukan Bambang menjadi hak konstitusi yang bersangkutan.

Menurut pria yang akrab dipanggil Jekek, dia memecat Bambang sebagai kepala desa memiliki alasan yang kuat dan jelas.

Terlebih jabatan Bambang sebagai kepala desa memiliki konsekuensi yang harus ditanggung manakala melakukan pelanggaran hukum.

Selain Riko, Propam Polda Sumut juga memeriksa Kepala Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan Kompol Oloan Siahaan dan sejumlah orang yang diduga terlibat kasus dugaan suap.

Saat dikonfirmasi pada Selasa (18/1/2022), Kepala Bidang Propam Polda Sumut Kombes Joas Feriko Panjaitan mengatakan, pemeriksaan terhadap Riko merupakan yang kali kedua.

Pemeriksaan ini terkait pemberitaan di media online mengenai dugaan suap berdasarkan keterangan saksi di Pengadilan Negeri Medan.

"Sejauh ini, pemeriksaan telah dilakukan untuk semua anggota yang melakukan pidana dan pelanggaran hukum internal, sudah ditegakkan hukum," kata Joas saat dikonfirmasi, Selasa.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulus: Irwan Nugraha, Rasyid Ridho, Muhlis Al Alawi, Dewantoro | Editor : I Kadek Wira Aditya, Teuku Muhammad Valdy Arief, Abba Gabrillin, Puspasari Setyaningrum, Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2022/01/19/050600778/-populer-nusantara-penajem-paser-utara-ibu-kota-baru-nusantara-usai-vaksin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke