Salin Artikel

Tebing Setinggi 150 Meter di Sumedang Longsor, 2 Hektare Sawah dan Aliran Sungai Tertimbun

Akibat kejadian ini, sedikitnya dua hektare sawah tertimbun. Selain itu, aliran Sungai Cipongkor yang bermuara di Sungai Cipeles juga tertutup material longsor.

Kepala Pusdalops-PB BPBD Sumedang Rully Surya S mengatakan, belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Bencana longsor terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak Sabtu siang," ujar Rully kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu sore.

Rully menuturkan, longsoran tebing setinggi 150 meter dan lebar 80 meter ini menimbun areal persawahan yang berada di bawahnya.

"Ada sekitar dua hektare sawah yang terbawa longsor dan tertutup material longsor. Aliran Sungai Cipongkor di lokasi juga tertimbun material longsor," tutur Rully.

Rully menyebutkan, mengingat masih tingginya curah hujan, warga diimbau menjauhi lokasi longsor dengan radius satu kilometer.

Rully menambahkan, material longsor juga mendekati permukiman, sehingga warga diimbau untuk waspada.

"Warga yang bermukim di wilayah sekitar juga kami imbau untuk lebih meningkatkan kewaspadaannya. Mengungsi sementara ke tempat lebih aman demi keamanan dan keselamatan bersama," kata Rully.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/16/064059078/tebing-setinggi-150-meter-di-sumedang-longsor-2-hektare-sawah-dan-aliran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke