Salin Artikel

Dinkes Lampung Sudah Beri Vaksin Booster sejak Awal 2022

LAMPUNG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengeklaim sudah menjalankan vaksin booster sejak awal tahun 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan, pelaksanaan vaksin booster tersebut sudah dimulai sejak pihaknya bersurat dengan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (P2P Kemenkes) pada 5 Januari 2022.

"Kita sudah ajukan izin terkait pelaksanaan vaksinasi booster ke Kemenkes," kata Reihana di Kompleks Pemprov Lampung, Kamis (13/1/2022).

Reihana menambahkan, vaksinasi booster ini pun sudah berjalan di sejumlah kabupaten.

"Sudah ada yang dimulai di beberapa kabupaten dan kota," kata Reihana.

Namun, Reihana belum dapat memastikan jumlah pasti vaksin booster yang telah diberikan di Lampung.

"Karena registrasi di Aplikasi V-Care baru bisa diinput kemarin," kata Reihana.

Dia menambahkan, pengajuan izin dan pelaksanaan vaksinasi booster ini dilakukan lebih awal lantaran ada beberapa temuan vaksin Pfizer atau BNT162b2 yang mendekati masa kedaluwarsa.

Selain itu, capaian vaksinasi di Provinsi Lampung yang sudah mencapai 80,38 persen atau 5.341.646 jiwa juga menjadi faktor pengajuan vaksinasi booster dilakukan lebih awal.

"Belakangan pemerintah daerah kesulitan mencari target sasaran vaksin, meski sudah langsung ke rumah-rumah warga," kata Reihana.

Reihana menambahkan, vaksinasi booster yang dilakukan sekarang adalah gratis alias tidak berbayar, dengan melihat stok vaksin yang ada saat ini.

"Saat ini kami hanya punya vaksin gratis alias tidak berbayar," kata Reihana.

Adapun persyaratan penerima vaksin booster ini, kata Reihana, tetap mengacu pada peraturan Kemenkes, yakni sudah dua kali divaksin dan jarak penyuntikan vaksin booster minimal 6 bulan pasca-vaksinasi tahap 2.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/13/154504278/dinkes-lampung-sudah-beri-vaksin-booster-sejak-awal-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke