Salin Artikel

Pusat Pembuatan Kulit Lumpia Khas Semarang, Ada sejak 20 Tahun Lalu, Sehari Produksi Ribuan Lembar

Sebagian besar warga di gang Kampung Kranggan berprofesi sebagai pembuat kulit lumpia yang menjadi camilan atau jajanan khas Kota Semarang.

Hampir setiap rumah warga Kranggan Dalam memproduksi kulit lumpia yang berbentuk home industry.

Salah satu produsen di kampung tersebut adalah Mustakim. Ia sudah empat tahun menggeluti pembuatan industri rumah tangga tersebut.

Ia bercerita awal menggeluti pembuatan kulit lumpian berasal saat penjual lumpia, Mbak Lien kekurangan tenaga untuk membuat kulit lumpia.

Akhirnya tetangga berinisiatif untuk membantu untuk memproduksi kulit lumpia di rumah masing-masing, termasuk Mustakim.

"Untuk pemasarannya disetorkan ke penjual lumpia yaitu Bandeng Juwana, dan daerah Semarang lainnya. Proses pemesanan ada yang diambil langsung, dan ada yang diantar ke tempat konsumen," kata Mustakim dikutip Tribun Jateng.

Pembuat kulit lumpia lainnya adalah Mira Kristanti (42). Ia adalah generasi kedua pembuat kulit lumpia meneruskan usaha ibunya yang meurpakan generasi pertama.

Sehari, dia bisa memproduksi dua karung kulit lumpia yang terdiri dari 2.500 lembar kulit lumpia.

Ribuan kulit lumpia tersebut akan dikirim jika ada pesanan masuk melalui WhatsApp.

"Jadi yang pertama kali jual kulit lumpia itu ibu saya karena banyak yang jual lumpia jadi ibu saya berinisatif membuat kulit lumpia untuk dijual. Produksimya dua karung per hari, langsung dikirim ke konsumen diantaranya ke Lumpia Gang Lombok, lumpia Pandanaran, Bandeng Juwana karena mereka sudah langganan," kata Mira.

Dalam produksinya Mira memiliki tiga karyawan termasuk dirinya.

"Kendala dalam pembuatan kulit ini adalah ketika kualitas tepung jelek karena tidak bisa lentur bagus," tambah Mira.

Usaha pembuatan kulit lumpia Mira sudah sejak 20 tahun silam. Berawal dari modal usaha sebesar Rp 300.000 saat itu, kini omzet sudah mencapai Rp 10 jutaan per bulan.

Ada dua jenis kulit lumpia yang diproduksi yaitu tebal dan tipis. Usaha ini sangat menjanjikan untuk warga daerah Kranggan Dalam.

Bahan pembuatan kulit lumpia yaitu tepung terigu, air, dan garam. Para warga yang menjadi produsen kulit lumpia sudah mempunyai konsumen masing-masing.

Sebab, yang butuh kulit lumpia bukan dari produsen lumpia saja, tapi juga penjual martabak, pembuat pisang karamel atau penjual makanan lainnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Ternyata di Sini Pusat Pembuatan Kulit Lumpia Khas Kota Semarang

https://regional.kompas.com/read/2022/01/08/091500978/pusat-pembuatan-kulit-lumpia-khas-semarang-ada-sejak-20-tahun-lalu-sehari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke