Salin Artikel

Meresahkan Warga, Ular Sanca Sepanjang 3 Meter Dievakuasi dari Permukiman di Lamongan

Kabid Damkar Lamongan Amri mengatakan, awalnya petugas menerima laporan dari warga Desa Paciran, Kecamatan Paciran, Lamongan, Misbahudin (48). Petugas lalu mendatangi rumah warga itu dan menemukan ular sanca sepanjang tiga meter.

"Menindaklanjuti laporan masyarakat, satu unit dari Damkar Korwil Paciran kemudian meluncur ke lokasi. Tim menemukan ular sanca kembang dengan panjang sekitar 3 meter itu di kandang ayam (milik Misbahudin)," ujar Amri, saat dikonfirmasi, Kamis.

Untuk mengevakuasi ular tersebut, Damkar Lamongan menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran yang beranggotakan empat petugas dan seorang pengemudi.

"Tim kemudian melakukan evakuasi ular tersebut dengan lancar dan aman, kemudian kembali ke Mako (markas) pukul 05.50 WIB," ucap Amri.

Tugas tak hanya padamkan api

Amri menjelaskan, pemadam kebakaran tak hanya bertugas memadamkan api saat kebakaran terjadi.

Namun, juga mengevakuasi satwa yang dinilai membahayakan warga hingga menolong warga yang kesulitan melepas cincin dari jari.

"Hari Rabu (5/1/2022) kemarin, petugas Damkar Korwil Ngimbang juga telah melaksanakan evakuasi sarang tawon vespa afinis yang ada di rumah Bapak Sampur di Desa Munungrejo. Alhamdulillah, juga terlaksana dengan baik dan lancar," kata Amri.

Catatan Damkar Lamongan, sepanjang 2021, petugas mengevakuasi 88 sarang tawon dan 20 ekor ular dari sekitar permukiman warga.

"Untuk evakuasi sarang tawon, kebanyakan itu jenis vespa affinis. Kalau ular, macam-macam (jenisnya). Ada sanca, kobra, phyton, macam-macam," ucap Amri.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/06/222116478/meresahkan-warga-ular-sanca-sepanjang-3-meter-dievakuasi-dari-permukiman-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke