Salin Artikel

54 Kasus Kecelakaan Laut Terjadi di Maluku Sepanjang 2021, 10 Orang Tewas

Kepala Kantor Basarnas Ambon Mustari mengatakan, sebanyak 940 warga menjadi korban dari 54 kasus kecelakaan laut di Perairan Maluku sepanjang 2021.

“Dari 54 kecelakaan kapal di laut Maluku itu ada 940 korban. Sebanyak 876 selamat, 10 meninggal dunia dan 36 orang dinyatakan hilang hingga saat ini,” kata Mustari kepada wartawan, Kamis (6/1/2022).

Adapun untuk operasi SAR yang dilakukan terhadap kondisi yang membahayakan jiwa manusia seperti warga hanyut di sungai, tercatat sebanyak 17 kasus.

Dari jumlah itu, kata Mustari, sebanyak lima orang diselamatkan, lima lainnya dinyatakan meninggal dunia, dan tujuh orang hilang.

“Untuk kondisi membahayakan jiwa ada 17 kejadian, yang berhasil diselamatkan itu lima orang, tujuh hilang dan lima meninggal dunia,” katanya.

Sedangkan untuk operasi SAR saat bencana alam yang ditangani Basarnas Ambon sebanyak satu kejadian dan operasi SAR Khusus penyelamatan orang yang terjepit di mobil, juga tercatat satu kejadian.

“Untuk bencana alam dan penanganan khusus yang dilakukan Basarnas satu kali kejadian di mana tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Terkait jumlah korban kecelakaan laut yang terjadi di peraiaran Maluku sepanjang 2021, Mustari mengingatkan warga agar tetap waspada. Apalagi kondisi cuaca di perairan sangat buruk.

“Harapannya tahun ini tidak ada lagi kejadian kecelakaan yang membahayakan jiwa manusia. Karena itu kami mengimbau warga agar tetap waspada mengingat kondisi cuaca di laut Maluku masih sangat buruk,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/06/155314378/54-kasus-kecelakaan-laut-terjadi-di-maluku-sepanjang-2021-10-orang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke