Salin Artikel

Kapal Barang Karam Dihantam Gelombang Tinggi di Dekat Pelabuhan Saumlaki

Kapal yang mengangkut sejumlah barang itu tiba di Tanimbar dan hendak bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso setelah berlayar dari Surabaya.

Namun, karena diterpa cuaca yang sangat buruk dan gelombang tinggi, kapal tersebut akhirnya tenggelam hingga karam ke dasar laut.

“Betul KM Tanimbar Bahari tenggelam. Itu kapal barang yang baru datang dari Surabaya ke Saumlaki,” kata Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Romi Agusriansyah kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon,” Rabu (5/1/2022).

Ia menjelaskan, kapal tersebut tiba di Tanimbar sejak Selasa malam. Namun, karena cuaca buruk dan gelombang tinggi, kapal hanya bisa berlabuh di sekitar pelabuhan dan tidak bisa bersandar.

“Tadi malam itu (kapal) sudah tiba tapi belum bisa sandar di pelabuhan, lalu tadi sore sekira Pukul 16.30 WIT kapal mau olah gerak mau sandar ke pelabuhan lalu tiba-tiba kapal miring posisinya lalu akhirnya tenggelam,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, cuaca yang sangat buruk dan tinggi gelombang menjadi penyebab kapal itu tenggelam.  Adapun jarak kapal tenggelam dengan pelabuhan sekitar 300 meter.

Dalam kecelakaan itu, sebanyak 15 anak buah kapal (ABK) dan nahkoda selamat setelah melompat dari atas kapal dan berenang menuju pelabuhan.

“Kapalnya langsung karam dari informasi yang saya dapat dari Syahbandar itu kapalnya karam di kedalaman 30 meter. Itu total ABK dan nahkoda ada 15 orang dan semuanya selamat,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/05/195352378/kapal-barang-karam-dihantam-gelombang-tinggi-di-dekat-pelabuhan-saumlaki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke