Salin Artikel

Terungkap, Ini Motif Perempuan 19 Tahun Kumandangkan Azan Shalat Jumat

KOMPAS.com - Seorang wanita di Banggai, Sulawesi Tengah, berinisial FP (19), diamankan polisi usai mengumadangkan azan Shalat Jumat di Masjid As-sukur, Lakowa, Jumar (31/12/2021) lalu.

Diketahui, FP merupakan warga Kelurahan Dodung, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut.

Kapolsek Pagimana AKP Syukri Larau mengatakan, pihaknya sempat mengamankan FP untuk dimintai keterangan.

Kata Syukri, setelah dilakukan pemeriksaan yang disaksikan tokoh agama dan masyarakat setempat, wanita itu tidak melakukan penodaan agama.

Atas perbuatannya, FP diberi sanksi berupa surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Jadi setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan adanya unsur penodaan agama sehingga kita bersama tokoh agama dan warga setempat sepakat kembalikan ke pihak keluarga," kata Syukri saat dikonfirmasi, Rabu (5/1/2022).


Syukri mengatakan, untuk mencegah agar FP tidak lagi mengulangi perbuatannya lagi, ia diusir dari kampung dan dikembalikan ke keluarganya di Kelurahan Dodung.

Motif pelaku

Kata Syukri, motif FP nekat mengumdangkan azan Shalat Jumat untuk membuktikan kepada wanita yang ia suka bahwa dia adalah laki-laki.

Bukan itu saja, FP juga dilaporkan nekat mencari kontrakan di Kecamatan Pagimana untuk mendekati pasangannya tersebut.

Untuk mengelabui pengurus masjid dan warga sekitar, FP nekat mengubah penampilannya dengan mengenakan pakaian laki-laki. Wajah dan model rambutnya juga menyerupai pria.

"Jadi motifnya cuma karena mau membuktikan sama salah seorang perempuan yang dia suka di kampung ini kalau dia laki-laki, bagaimana pun perbuatan tersebut tidak bisa kita benarkan karena membuat resah warga setempat," ujarnya.

 

(Penulis : Kontributor Poso, Mansur | Editor : Ardi Priyatno Utomo)

https://regional.kompas.com/read/2022/01/05/165414078/terungkap-ini-motif-perempuan-19-tahun-kumandangkan-azan-shalat-jumat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke