Salin Artikel

PPS Alobi Lepasliarkan 20 Ekor Elang Hasil Sitaan Selama 2021

BANGKA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2021, sebanyak 20 ekor elang dilepasliarkan setelah melewati proses rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi, Air Jangkang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Hewan langka yang dilindungi tersebut berasal dari program penertiban dan razia yang digelar petugas di berbagai daerah di Indonesia.

"Total selama 2021 ada 20 ekor elang yang sudah dilepasliarkan. Pelepasan ada yang di Bangka Belitung ada juga di Sumatera Selatan," kata Manager PPS Alobi, Endy Yusuf kepada Kompas.com, Minggu (2/1/2022).

Endy mengatakan, elang yang telah dilepasliarkan itu terdiri dari elang bido dan elang brontok. Dua spesies elang itu dilepaskan di hutan lindung BIO Bangka.

Selain itu juga ada spesies elang laut yang dilepasliarkan di kawasan hutan mangrove Munjang Kurau, Bangka Tengah.

Ada juga spesies elang bondol dan elang paria yang dilepasliarkan di SM Padang Sugihan, Sumatera Selatan.

"Pelepasan dilakukan sesuai ekosistem dan kondisi habitat aslinya," ujar Endy.

Selama proses penangkaran, kata Endy, elang tersebut diperiksa kondisi kesehatannya serta dibiasakan menyantap makanan sebagaimana di alam liar.

"Ada beberapa ekor yang sudah cukup lama dipelihara warga sehingga harus dibiasakan lagi insting liarnya seperti dengan diberikan mangsa dalam kondisi hidup," katanya.

Menurut Endy, puluhan elang itu diterima PPS Alobi secara terpisah sesuai hasil operasi yang dilakukan petugas di lapangan.

Seperti pada Agustus 2021, sebanyak 13 ekor elang ditranslokasikan dari PPS Tegal Alur BKSDA Jakarta ke PPS Alobi Bangka.

Hewan tersebut menjadi titipan negara yang berasal dari penyerahan masyarakat atau operasi penegakan hukum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap untuk selanjutnya dilepasliarkan.

"Kami imbau masyarakat untuk tidak memelihara hewan dilindungi yang diambil dari alam liar, termasuk juga dilarang untuk memperdagangkannya," kata Endy.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/02/174346478/pps-alobi-lepasliarkan-20-ekor-elang-hasil-sitaan-selama-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke