Salin Artikel

Pemuda di Nunukan Diduga Disekap dan Dikeroyok Oknum Polisi, Ini Permintaan Keluarga Korban

Didampingi oleh sejumlah Perwira Polres Nunukan, salah satu perwakilan keluarga pelaku, Nando, mengucap kata maaf dan mengaku malu atas kelakuan anak mereka.

"Kedatangan kami semata memohon kelapangan hati untuk memaafkan perbuatan anak kami. Kami sangat malu atas perbuatan mereka, memang ini sebuah kesalahan fatal, dan kami hanya mencoba memohon keikhlasan keluarga korban untuk memberi maaf," ujar dia, Kamis (30/12/2021).

Kakak kandung korban, Sukarnain mewakili keluarga korban, menerima permohonan maaf tersebut.

Hanya saja, Sukarnain menegaskan bahwa perkara ini sangat menyayat hati, apalagi keluarga mereka diperlakukan tidak layaknya manusia.

Namun demikian, keluarganya tidak akan menaruh dendam atas apa yang sudah terjadi.

"Pihak keluarga tetap ingin ada proses hukum sebagai konsekuensi perbuatan yang membuat luka serius pada adik saya. Pengeroyokan oleh sekian banyak oknum polisi berdampak pada psikis dan mental. Keluarga ingin proses hukum berjalan secara transparan," pintanya.

Kami tidak pernah benci polisi

Nain juga menegaskan bahwa mereka tidak pernah membenci aparat Polisi meski keluarnya mengalami peristiwa yang menohok nurani yang dilakukan oleh oknum polisi.

Nain yakin, masih banyak Polisi baik dan berperilaku sebagaimana tugas mereka sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

"Keluarga bahkan memberikan apresiasi dan rasa terima kasih mendalam bagi anggota Polisi yang berusaha menolong adik saya. Ada dua orang yaitu Saiful dan Selamat, saya angkat topi untuk mereka," kata dia lagi.

Dengan pertolongan kedua Polisi tersebut, R adiknya, dikatakan selamat dari penganiayaan berkelompok tersebut.

Keluarga sangat menyesalkan pelanggaran kemanusiaan tersebut, karena secara hukum, siapapun yang bersalah, penyelesaian dilakukan di kantor Polisi bukan di rumah kos dan dihajar beramai ramai.

‘’Tapi semua sudah terjadi. Kami ikhlas memberi maaf bagi para pelaku. Adapun permintaan kami supaya proses hukum bagi para pelaku tetap berjalan, agar ini menjadi pelajaran dan tidak terjadi lagi di kemudian hari,’’tegasnya.

Pastikan pemeriksaan berjalan transparan

Kepala Satuan Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Nunukan Iptu Maswoko menegaskan, perilaku menyimpang dan merusak tatanan kepolisian para oknum anggota Polres Nunukan ini menjadi atensi khusus pimpinan.

Pemeriksaan dan proses hukum yang berjalan dipastikan akan transparan, Polisi juga meminta pihak korban kooperatif untuk memberikan keterangan.

"Aturan akan kami tegakkan tak pandang bulu karena ini sudah atensi pimpinan dan penegakan aturan undang undang," tegasnya.

Maswoko meminta masyarakat tak perlu khawatir atau menyimpan tanda tanya bakal ada pembelaan internal Polisi.

"Jangan berpikir negatif polisi meindungi polisi, entah itu Perwira, Bintara, Tamtama, kalau salah tetap kita sikat. Membangun kepercayaan masyarakat setengah mati, dan ini saya tegaskan hanya oknum. Jangan karena ada satu yang berbuat, terus disamaratakan. Masih banyak polisi baik," katanya lagi.

Maswoko juga mengatakan bahwa pemeriksaan, penyelidikan dan interogasi di Propam diawasi oleh pengawas internal Kepolisian, sehingga anggapan ada beking, opini masalah ini bakal ditenggelamkan atau ditutup dipastikan tidak akan ada.

Terlepas dari semuanya, Maswoko meminta para orangtua terduga pelaku agar terus memberikan bimbingan dan nasihat agar perbuatan ini tidak lagi terulang.

"Perbuatan ini menyakiti seluruh Polisi di Indonesia. Kasusnya tidak kami diamkan. Saya mewakili pimpinan mohon maaf atas perilaku oknum polres Nunukan," ujar dia.

Semua ada hubungan keluarga sehingga masalah sudah selesai

Terpisah, Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadianto mengatakan, sudah terjadi kesepakatan damai dari kedua belah pihak.

Fakta yang mengejutkan adalah, antara korban dan para terduga pelaku ternyata memiliki hubungan keluarga.

Dalam pertemuan yang terjadi kemarin, mayoritas adalah sepupu jauh, sehingga semua bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Akan tetapi, Ricky menegaskan, tindak pelanggaran oleh oknum polisi akan tetap berjalan sampai ada putusan dalam sidang kode etik dan disiplin.

"Kami sudah sampaikan secara jelas apa yang jadi kewajiban dan larangan. Ketika ada pelanggaran, maka konsekuensi itu harus dirasakan sendiri," kata dia.

Ricky mengakui, pemukulan beramai-ramai kepada korban, dipicu kekecewaan teman-teman oknum pelaku.

Mereka secara spontan melakukan kekerasan yang memang tidak dibenarkan dan menyalahi aturan yang ada.

"Tapi kejadiannya bukan dipukul terus menerus sampai pagi, mereka berdatangan secara bertahap dan melakukan itu karena temannya dipukul duluan," jelasnya.

Ricky membantah ada pistol yang diarahkan ke korban dalam peristiwa dugaan pengeroyokan tersebut.

Seluruh polisi yang bertugas pengamanan di luar, akan mengembalikan dan menyimpan kembali senjata mereka di gudang senjata.

"Tidak ada para Bripda memegang senjata secara pribadi. Makanya saya yakin yang diceritakan korban tidak sepenuhnya benar," klaimnya.

Saat ini, kata damai sudah disepakati para keluarga terduga pelaku pengeroyokan. Alangkah bijaknya, fokus pada proses hukum bagi para oknum pelaku dan memastikan semua tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Para polisi baru juga mendapat penempatan khusus, mereka tidak diperbolehkan meninggalkan area Mako Polres Nunukan dengan pengawasan ketat.

Hal ini dilakukan untuk lebih memudahkan proses penyidikan. Sebelum hasil sidang pelanggaran disiplin diberikan, penempatan khusus belum akan selesai.

Ricky juga mengakui, saat ini pengawasan terhadap para polisi yang baru masih belum efektif.

Nihilnya barak untuk asrama polisi baru di Nunukan, memungkinkan mereka berkeliaran di luar dengan bebas. Masih banyak diantara mereka yang indekos di luar.

"Kita masih periksa dan melengkapi sejumlah berkas. Ada sepuluh oknum yang kita periksa. Kita akan segera lakukan sidang kode etik pelanggaran disiplin," kata Ricky.

Kronologi kejadian

Sebelumnya, pemuda R (21) warga Jalan Antasari Baru Nunukan Kalimantan Utara diduga menjadi korban pengeroyokan oknum aparat Polres Nunukan.

Ditemui di rumahnya, R terlihat syock. Di sejumlah bagian tubuhnya masih terlihat luka lebam, bagian tangannya masih terbungkus perban menutupi lukanya.

"Perut bagian dalam terasa ngilu kalau dipakai gerak, saya dipukuli dari malam sampai jam enam pagi," ujar R, Selasa (29/12/2021).

Kondisi tersebut berasal dari insiden yang terjadi Sabtu (26/12/2021) di depan toko Naufal tempatnya bekerja, di Jalan Tien Soeharto Nunukan Timur.

R menceritakan, sekitar pukul 01.00 wita, ia melambaikan tangan sembari berteriak memanggil dua pengendara motor yang disangkanya temannya.

Ia tidak menyangka, teriakan yang disertai lambaian tangan tersebut dianggap tantangan, sehingga terjadi cekcok mulut berujung pemukulan.

"Awalnya yang bawa motor suruh saya duel dengan yang diboncengnya. Tapi karena perawakannya kecil, dia suruh saya lawan dia saja. Saya emosi, langsung saja saya hantam pelipisnya," tuturnya.

Bukannya mendapat perlawanan, korban pukulan hanya memberikan ancaman dan meminta R menunggu di lokasi tersebut.

Si korban hanya mengatakan bahwa R salah orang kalau mau main kasar. Tak lama kemudian, datang sekitar 5 orang yang langsung mengeroyok R.

Ia diseret ke tengah jalanan aspal, disuruh tiarap dan diminta menengadah. Saat itu dia melihat pistol ditodongkan ke kepalanya.

Ia sangat terkejut dan baru sadar bahwa orang yang dia pukul sebelumnya ternyata anggota Polisi.

"Kepala saya ditodong pistol dan dipukul pakai pistol. Disitu saya tahu yang saya pukul ternyata polisi," kata dia.

Setelah itu, R dibawa menggunakan sepeda motor ke sebuah kostan yang ada di wilayah Pasar Baru Nunukan.

Di sana, ada beberapa orang teman pengeroyoknya. Tak lama kemudian, datang beberapa orang lagi yang dikatakan R berasal dari asrama polisi.

R tahu mereka dari asrama polisi karena ada teman yang ia kenal bernama S. terkejut melihat R babak belur, S berusaha menengahi dan melerai. Sayangnya usahanya tak diindahkan teman temannya.

‘’Pintu dikunci dari dalam, dan saya jadi bulan bulanan lebih dari sepuluh orang. Tidak ada artinya saya teriak minta ampun meski darah sudah keluar dari mulut dan hidung saat itu. Sebisa mungkin saya melindungi wajah dengan kedua tangan sampai biru dan membengkak,’’lanjut R.

Ia juga dijambak dan rambutnya dicukur menggunakan pisau disertai ancaman dan kata kamian. Pemukulan tersebut terjadi sampai sekitar pukul 06.00 wita.

"Jam enam pagi pintu sempat terbuka, saya lari keluar masih dikejar. Begitu kedapatan, saya kembali dihajar, saya diinjak injak, ada warga setempat yang melihat tapi tidak mau ikut campur karena mereka bilang bahwa mereka aparat polisi," imbuhnya.

R bisa pulang ke rumah karena usaha S yang kemudian mengantarnya pulang ke rumah. S meminta maaf kepada R karena tidak bisa membantu, dan segera menuju Polres Nunukan untuk bertugas.

Keluarga R kemudian membawanya untuk visum, lalu melaporkan kejadian itu ke Propam Polres Nunukan.

"Saya heran kenapa sampai disekap dan dihajar ramai ramai di kostan. Kalaupun bersalah, seharusnya diselesaikan di kantor polisi, apalagi lokasinya tidak jauh dari KSKP (Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan). Sampai hari ini juga tidak ada permintaan maaf dari mereka, padahal kasusnya sudah diketahui pihak Polres Nunukan," sesal R.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/31/155455278/pemuda-di-nunukan-diduga-disekap-dan-dikeroyok-oknum-polisi-ini-permintaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke