Salin Artikel

Speedboat Mati Mesin dan Nyaris Tenggelam di Laut Seram, 31 Penumpang Dievakuasi

Speedboat tersebut diketahui berlayar dari Desa Katapang, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat menuju pelabuhan Hitu, Kecamatan Leihitu, Pulau Ambon.

Mati mesin, nyaris tenggelam

Dalam perjalanan, speedboat itu dihantam gelombang tinggi hingga mengalami mati mesin dan nyaris tenggelam di laut.

Beruntung para penumpang berhasil diselamatkan setelah Kapolsek Leihitu mendapat kabar dari salah seorang penumpang segera mengerahkan bantuan untuk menolong para penumpang speedboat tersebut.

“Kejadiannya tadi sekitar jam 10 pagi. Jadi ada speedboat Rikma yang mengangkut 31 penumpang dan pengemudi yang mengalami mati mesin di laut,” kata Julkisno kepada Kompas.com via telepon seluler, Selasa.

Penumpang hubungi Kapolsek

Julkisno mengatakan, dia dihubungi seorang penumpang yang juga merupakan temannya dari dalam speedboat tersebut.

Setelah mendapat kabar, ia langsung berkoordinasi dengan Koramil Leihitu dan juga aparat TNI BKO dari Yon Arhanud 11 serta masyarakat setempat untuk memberikan bantuan.

“Kita kemudian menggunakan Speedboat Teluk Huamual Star menuju ke tengah laut untuk membantu melakukan pertolongan dan mengevakuasi penumpang dari Spedboat Rikma yang terdiri dari 26 penumpang dan lima ABK,” katanya.

“Mereka sangat panik dan pucat. Anak-anak dan orang dewasa semua ketakutan dan muntah-muntah. Ombak sangat besar sampai air sudah masuk ke dalam speedboat dan mereka hanya bisa pasrah,” ungkapnya.

Ia bersyukur karena ada penumpang yang segera memberi informasi tersebut sehingga pihaknya bisa segera memberikan pertolongan tepat pada waktunya.

“Saya bersyukur sekali kita bisa terhindar dari musibah ini, kalau terlambat sedikit saja saya tidak tahu apa yang akan terjadi,” katanya.

Dalam kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi itu, aparat TNI Polri akhirnya berhasil mengevakuasi seluruh penumpang speedboat ke daratan. 

“Alhamdulillah semua penumpang sudah berhasil dievakuasi,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/28/142620378/speedboat-mati-mesin-dan-nyaris-tenggelam-di-laut-seram-31-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke