Salin Artikel

Polres Blitar Kota Terapkan Tilang Elektronik di Tiga Titik Masuk Kota

BLITAR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Blitar Kota resmi menerapkan sistem ETLE (electronic traffic law enforcement)  di tiga titik jalan yang merupakan pintu masuk utama ke wilayah Kota Blitar, Jawa Timur, mulai hari ini, Senin (27/12/2021).

Ketiga titik tersebut adalah Simpang Tiga Herlingga, Simpang Empat Masjid Plosokerep, dan Simpang Empat SPBU Pakunden.

Dimulainya pemberlakuan ETLE tersebut ditandai dengan kegiatan seremoni peluncuran ETLE yang dilakukan di Kantor Polres Blitar Kota, Senin pagi, yang juga dihadiri oleh unsur Forpimda Kota Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Hery Yudhi Setiawan pemberlakuan ETLE di Kota Blitar merupakan bagian dari program Polri dalam penegakan hukum terutama terkait lalu lintas.

"Ini merupakan bagian dari meraih capaian yang ditargetkan Kapolri. Dan, ETLE ini selain untuk pelanggaran lantas (lalu lintas) juga berkaitan dengan keamanan," ujar Yudhi kepada wartawan.

Yudhi menggarisbawahi salah satu output dari sistem ETLE adalah adanya barang bukti digital yang didapatkan dari rekaman kamera-kamera pengawas di titik-titik dimana ETLE diterapkan.

Dengan bukti digital berupa foto dan video, kata Yudhi, maka proses penegakan hukum oleh kepolisian akan lebih efektif karena sulit dibantah.

Yudhi menambahkan bahwa ETLE juga akan membantu polisi dalam pengawasan dan penegakan hukum terkait tindak pidana.

"Jadi dapat monitor, melihat apabila terjadi tindak pidana, dan ini sebagai alat bukti," jelasnya.


Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Blitar Santoso mengatakan penerapan ETLE akan mendukung program Pemerintah Kota Blitar dalam menjadikan Kota Blitar sebagai "smartcity".

"Kita memasuki era 4.0, bahkan 5.0, ini sudah saatnya bagaimana kita manfaatkan kemajuan IT," ujar Santoso.

Santoso juga berharap penerapan ETLE akan meningkatkan kepatuhan masyarakat pada peraturan lalu lintas.

Dia menyatakan apresiasinya atas capaian Polres Blitar Kota merealisasikan penerapan sistem ETLE.

"Satu kemajuan khususnya di jajaran Polres Blitar Kota. Ini kado istimewa menjelang kepergian beliau (Kapolres Blitar Kota) ke Medan untuk promosi jabatan," ujar Santoso.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Dirlantas Polda Jatim AKBP Gathut Wibowo mengatakan realisasi ETLE tidak dapat dilepaskan dari dukungan pemerintah daerah.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/27/111958978/polres-blitar-kota-terapkan-tilang-elektronik-di-tiga-titik-masuk-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke