Salin Artikel

Libur Natal dan Tahun Baru, KSOP Karimun Prediksi Penumpang Kapal Laut Naik 50 Persen

Persentase prediksi kenaikan arus penumpang tersebut jika dibandingkan dengan arus penumpang pada tahun lalu.

Pada Natal dan Tahun Baru lalu, penumpang turun 15 persen karena pembatasan masyarakat melakukan perjalanan akibat lonjakan kasus Covid-19.

"Kemungkinan naik 50 persen sampai 55 persen karena tahun lalu ada pembatasan sementara sekarang tidak ada," kata Kepala KSOP Karimun, Jon Kenedi melalui telepon, Sabtu (25/12/2021).

Jon Kenedi mengatakan, KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun telah membuka posko pengamanan Natal dan Tahun untuk menghadapi lonjakan penumpang itu.

"Posko Nataru ini kita pusatkan di dua pelabuhan dengan mobilitas tinggi yakni Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun dan Pelabuhan Hinterland Sri Tanjung Gelam," papar Kenedi.

Kenedi menjelaskan, selama Natal dan Tahun Baru tak ada pembatasan terhadap penumpang kapal. Meski begitu, ia menegaskan penerapan protokol kesehatan tetap diperketat terhadap seluruh penumpang.

"Pembatasan tidak ada, tetapi protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan. Penumpang yang boleh berangkat adalah mereka yang sudah divaksin pertama dan kedua," jelas Kenedi.

Pengetatan penerapan protokol kesehatan diketahui juga berlaku bagi operator kapal. Protokol kesehatan ketat itu seperti mengatur jarak antarpenumpang dan menyemprotkan disinfektan.

"Kita akan terus lakukan pengawasan, apabila ada kapal yang melanggar akan kita berikan peringatan bahkan jika kembali melakukan tidak akan kita berikan izin berangkat," kata Kenedi.

Diketahui, rute keberangkatan dan kedatangan yang diprediksi akan mencatatkan arus penumpang terbanyak adalah Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun-Sekupang Batam dan Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun-Harbour Bay Batam.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/25/123030378/libur-natal-dan-tahun-baru-ksop-karimun-prediksi-penumpang-kapal-laut-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke