Salin Artikel

Puji Penanganan Covid-19 di Maluku, Mendagri Minta Warga Tak Lengah

Tito mengaku keberhasilan penanganan Covid-19 di Maluku dapat dilihat dari tingkat kesembuhan dan kematian pasien, serta jumlah pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit saat ini.

“Menjelang Natal dan Tahun Baru meskipun indikator penanganan pandemi di Maluku relatif bagus, angka kasus rendah kemudian di rumah sakit hanya ada tiga orang lalu kematian juga sudah cukup lama nol tapi kita jangan lengah,” kata Tito di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (24/12/2021).

Tito mengatakan, meski pandemi Covid-19 di wilayah Maluku sudah terkendali, tetapi warga harus tetap waspada. Apalagi, saat ini sudah ada varian Omicron yang masuk ke Indonesia.

“Kita jangan lengah, kenapa? Karena masih ada kasus, yang kedua ada varian baru Omicron karakternya kita belum tahu, jadi kita jangan gambling, tetap kita lakukan pembatasan dan penerapan protokol kesehatan menggunakan masker dan menghindari kerumunan,” ungkapnya.

Tito menambahkan, pemerintah memutuskan melakukan pembatasan menjelang Natal dan Tahun Baru. Hal itu sesuai dengan hasil rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit, bersama sejumlah menteri.

Kebijakan itu juga telah disampaikan melalui instruksi Menteri Dalam Negeri.

“Ada pembatasan kerumunan sehingga pada periode 24 desember sampai 2 januari kalau ada kerumunan tidak boleh lebih dari 50 orang itu saya sudah keluarkan instruksi mendagri yang merupakan hasil rapat terbatas yang dipimpin bapak presiden,” katanya.

Khusus pencapaian vaksinasi di Maluku yang masih rendah, ia meminta agar pemerintah daerah dapat memprogramkan vaksinasi khusus untuk Natal dan Tahun Baru.

Menurut Tito, vaksinasi Natal dan Tahun Baru itu sebagai hadiah kepada masyarakat di Hari Natal dan Tahun Baru.

“Buat vaksin Nataru ya, vaksin natal dan tahun baru kita anggap vaksin ini sebagai hadiah untuk masyarkat saat Natal dan Tahun Baru. Ini juga kepentingan masyarakat sendiri,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/25/074801178/puji-penanganan-covid-19-di-maluku-mendagri-minta-warga-tak-lengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke