Salin Artikel

Pemuda Muslim Jaga Ibadah Natal Sejumlah Gereja di Ambon

Selain remaja masjid, puluhan pemuda muslim yang ikut mengamankan ibadah malam Natal  sejumlah gereja di Ambon adalah pemuda Aliansi Masyarakat Key (Amkey) Maluku.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, para pemuda muslim dari ormas Amkey ini ikut membantu aparat menjaga Gereja Katedral Xaverius Ambon, Gereja Maranatha dan Gereja Silo.

Saat menjaga ibadah natal, para pemuda muslim ini mengenakan kopiah putih.

Umar Betaubun, salah satu pemuda Amkey, yang ditemui Kompas.com di halaman Gereja Katedral Ambon mengatakan keikutsertaan ormas Amkey dalam pengamanan malam ibadah natal di sejumlah gereja itu untuk memberikan rasa nyaman kepada para jemaat yang sedang menjalankan ibadah.

“Kita ingin ibadah Natal ini dapat berjalan dalam suasana yang aman dan nyaman, karena itu kita ikut membantu mengamankan,” kata Umar.

Ormas Amkey sendiri merupakan perkumpulan masyarakat Key, Maluku tenggara yang beranggotakan pemuda muslim, kristen dan katolik.

Ia mengaku keterlibatan ormas Amkey dalam menjaga malam ibadah natal di gereja baru pertama kali dilakukan pada tahun ini.


Ke depan, pihaknya akan terus melakukan hal yang sama termasuk juga mengamankan perayaan Idul Fitri.

“Jadi kita ini campuran ada islam, ada juga Kristen dan katolik, kita ingin menjaga dan merawat persaudaraan dan toleransi umat beragama di Maluku tetap tumbuh,” ujarnya.

Adapun untuk perayaan malam Natal kali ini, ada sebanyak 100 pemuda Amkey yang dikerahkan ke sejumlah gereja untuk menjaga ibadah natal.

“Mala mini kita ada 100 anggota ada juga yang jaga di Gereja Maranatha, Silo, Rehoboth dan beberapa gereja lain,” ujarnya.

Selain pemuda muslim dari ormas Amkey, pengamanan gereja saat ibadah natal juga ikut dilakukan remaja masjid dari Talake dan Waringin di gereja Rehoboth Ambon.

Pengamanan perayaan hari besar keagamaan di Kota Ambon tidak hanya dilakukaan saat Natal.

Pada saat Hari Raya Idul Fitri pemuda gereja juga selalu berpartisipasi untuk mengamankan masjid saat shalat Id berlangsung.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/24/211303578/pemuda-muslim-jaga-ibadah-natal-sejumlah-gereja-di-ambon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke