Salin Artikel

Pantau Pemudik Saat Nataru, Rumah Warga di Kebumen Dipasang Stiker Berisi Informasi Pribadi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Rumah warga di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, yang kedatangan pemudik saat libur Natal dan Tahun Baru akan dipasang stiker khusus.

Pemasangan stiker tersebut untuk memudahkan pemantauan terhadap pemudik yang berpotensi meningkat saat libur akhir tahun ini.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengatakan, stiker tersebut berisi informasi pribadi berupa nama dan alamat pemudik.

Stiker tersebut juga berisi informasi status vaksinasi Covid-19, hasil tes antigen atau PCR, tanggal tiba, dan tanggal kembali.

"Penempelan stiker akan dilakukan oleh Satgas Covid-19 di tiap desa bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Harapannya seluruh pemudik dapat kita monitor," kata Piter melalui keterangan resmi, Jumat (24/12/2021).

Piter mengatakan, hasil pantauan Polres Kebumen pekan ini telah terjadi peningkatan mobilitas warga luar kota yang datang ke Kebumen.

Bhabinkamtibmas bersama dengan Satgas PPKM tingkat desa telah melakukan pendataan dan pemasangan stiker di rumah-rumah warga yang kedatangan pemudik.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman memibta warga agar tidak perlu khawatir dengan pemasangan stiker karena memiliki tujuan yang baik.

Menurut dia, penempelan stiker juga termasuk dalam program Operasi Lilin Candi 2021 yang sedang digelar Polres Kebumen hingga tanggal 2 Januari 2022 mendatang.

"Jika ada warga yang belum vaksin, melalui stiker itu akan terlihat. Tugas masyarakat adalah mengingatkan warga tersebut khususnya pemudik untuk melakukan vaksin," jelas Tugiman.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/24/170503778/pantau-pemudik-saat-nataru-rumah-warga-di-kebumen-dipasang-stiker-berisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke