Salin Artikel

Lukisan Berbahan Rambut Dilelang di Banyuwangi, Terjual ke Kapolresta Seharga Rp 50 Juta

Lukisan karya Ahmad Dimyati atau yang akrab disapa Enang Rambut itu terjual dengan kepada Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu setelah melayangkan tawaran Rp 50 juta.

Enang yang sudah bertahun-tahun menekuni lukisan rambut, mendapatkan bahan lukisan dari para tukang cukur di Banyuwangi.

Kali ini ini dia kembali mengeksplorasi keterampilannya itu dengan membentuk seorang wanita tua mengenakan omprog atau hiasan kepala penari gandrung.

Lukisan berjudul Dondom itu memperlihatkan seorang wanita tua menjahit tangan bagian tengah dua kain berwarna merah dan putih.

"Senang sekali. Enggak nyangka lukisan saya bisa laku dengan harga tinggi," kata Enang di Banyuwangi, Rabu.

Secara terpisah, AKBP Nasrun Pasaribu mengaku kagum dengan tingkat kesulitan pembuatan lukisan berbahan rambut itu.

Menurutnya, lukisan berbahan rambut jarang ditemukan. Baginya, karya yang dibuat Enang Rambut itu sangat unik.

Keputusannya menawar lukisan itu senilai Rp 50 juta juga memerupakan bagian dari mendukung perkembangan kesenian di Banyuwangi.


Saat ini, Nasrun sedang mempertimbangkan apakah akan memajang lukisan itu di rumah dinas atau kantor.

"Tapi saya lebih condongnya ke kantor nanti. Biar kita tahu, bahwasanya ketika memasuki kantor itu ada view bahwasanya itulah tanda Banyuwangi tersebut," kata Nasrun.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menambahkan, pameran lukisan itu digelar untuk memperingati Hari Jadi Banyuwangi (Harjaba) yang ke-250 dan promosi daerah.

Selain pariwisata, ternyata kesenian Banyuwangi juga bisa diharapkan mampu mempromosikan daerah.

"Seniman-seniman yang banyak di Kabupaten Banyuwangi ini bisa tetap produktif, bisa tetap berkreasi, di tengah pandemi. Dan mudah-mudahan dengan dukungan semua pihak, semuanya kolaborasi, ada ekosistem yang terbentuk, mudah-mudahan ini bisa menjadi sektor-sektor ekonomi baru di Kabupaten Banyuwangi," kata Ipuk.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/23/094151778/lukisan-berbahan-rambut-dilelang-di-banyuwangi-terjual-ke-kapolresta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke