Salin Artikel

1.497 Personel Polisi Diterjunkan Selama Natal dan Tahun Baru di Bali, Fokus pada Pengendalian Covid-19

BALI, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Bali akan menerjunkan 1.497 personel polisi untuk mengamankan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Mereka akan fokus pada penerapan protokol kesehatan Covid-19 supaya tidak memicu lonjakan kasus.   

Sebanyak 1.497 personel polisi itu akan diterjunkan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 atau selama operasi lilin agung berlangsung.

Kapolda Bali, Irjen Putu Jayan Danu Putra mengatakan, pihaknya akan bersinergi dengan instansi lainnya yang terkait supaya pengamanan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 berjalan dengan maksimal.

"Untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru seperti menekan angka kejahatan dan laka lantas serta pengendalian Covid-19, Polda Bali akan melaksanakan operasi lilin agung,” kata Putu Jayan dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Putu Jayan mengatakan, salah satu sasaran operasi lilin agung itu adalah buka tutup dan mengalihkan arus lalu lintas menuju lokasi-lokasi area publik dan tujuan wisata.

Selain itu, operasi itu juga difokuskan pada pengetatan arus mudik dan arus balik dengan mengecek syarat perjalanan serta protokol kesehatan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan fokus pada tempat ibadah, pusat perbelanjaan, tempat wisata dan lokasi perayaan tahun baru supaya mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Terakhir, melaksanakan penegakan hukum terhadap segala bentuk tindak pidana pelanggaran Prokes maupun pelanggaran lainnya," katanya.


 

Pengendalian Covid-19

Putu Jayan juga mengaku akan berkolaborasi dengan berbagai pihak yang terkait dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 melalui lima kegiatan.

Pertama, mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan pesta atau perayaan tahun baru.

Kedua, melaksanakan patroli gabungan dan sidak untuk mencegah pelanggaran Prokes.

Ketiga, mengawasi secara ketat jam operasional sesuai dengan Inmendagri No. 66 tahun 2021.

Keempat, mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada saat dan pasca-libur Nataru dengan mengaktifkan kembali Satgas Isoter (Isolasi Terpusat) dan Satgas Oksigen serta sarana Isoter agar siap digerakan atau dipergunakan.

Kelima, mengaktifkan posko terpadu Satgas Covid-19 Provinsi Bali dan kabupaten atau kota se-Bali di setiap pintu masuk Bali untuk memperketat pengawasan syarat perjalanan Prokes kepada orang yang masuk ke Bali.

"Ada lima pintu masuk Bali yang menjadi perhatian Polda Bali, yaitu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padangbai, Pelabuhan Benoa dan Terminal Mengwi, Badung," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/20/184256078/1497-personel-polisi-diterjunkan-selama-natal-dan-tahun-baru-di-bali-fokus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke