Salin Artikel

Ada Pemeriksaan Acak di Perbatasan DIY Selama Libur Nataru, Ini Lokasinya

Petugas akan memeriksa bukti telah divaksin dua kali serta bukti pemeriksaan antigen atau PCR.

"Dinas Perhubungan bersama Ditlantas Polda DIY akan melakukan pengecekan secara acak di perbatasan," ujar Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad dalam jumpa pers di Kepatihan, Rabu (15/12/2021).

Noviar menyampaikan pemeriksaan acak akan dilakukan di tiga titik lokasi perbatasan di DIY yakni Tempel, Temon dan Prambanan.

"Yang dicek terkait dengan vaksin dua kali, antigen 1 x 24 jam untuk PCR 3 x 24 jam," tegasnya.

Sedangkan untuk bus pariwisata akan diperiksa di Shelter Adisutjipto Yogyakarta. Selain itu pemeriksaan juga dilakukan di Terminal Giwangan.

Noviar menyampaikan pemudik maupun wisatawan yang masuk ke Yogyakarta kemungkinannya ada dua, menginap di hotel atau pulang ke tempat saudaranya di kampung-kampung maupun perumahan.

Karenanya, satgas kampung diminta untuk turut mengawasi.

"Jaga warga sudah kami ingatkan dan kami instruksikan untuk ikut melakukan pengawasan bagi pendatang. Terutama yang perlu dilakukan pengawasan keterkaitan vaksin dua kali, kedua terkait test antigenya," tuturnya.

Menurut Noviar, jika nantinya ditemukan ada wisatawan maupun pendatang yang belum vaksin lengkap, maka akan diminta untuk vaksin ke fasilitas kesehatan.

"Ini yang nanti saya minta kalau mereka belum vaksin lengkap, maka kami minta untuk vaksin ke fasilitas kesehatan terdekat dengan ketentuan dan syarat yang berlaku di Dinas Kesehatan. Ketentuan wajib vaksin ini menjadi syarat bagi mereka masuk ke DIY," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/16/164731678/ada-pemeriksaan-acak-di-perbatasan-diy-selama-libur-nataru-ini-lokasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke