Salin Artikel

Tangkap Ketua Pemuda Pancasila Blora, Kapolres: Tak Ada Kaitannya dengan Ormas

Munaji juga diduga menyalahgunakan narkoba.

Kepala Kepolisian Resor Blora AKBP Wiraga Dimas Tama memastikan penangkapan ini tidak terkait dengan organisasi kemasyarakat (ormas) yang diketuai Munaji.

"Jadi tidak ada kaitannya dengan ormas apa pun, dan memang kebetulan yang bersangkutan ini Ketua Pemuda Pancasila, jadi rekan-rekan dari ormas Pemuda Pancasila juga memahami," ucap Wiraga saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (15/12/2021).

Wiraga menjelaskan sebelum menangkapa, polisi telah berkomunikasi terlebih dahulu dengan anggota Pemuda Pancasila lainnya.

Komunikasi tersebut dianggap penting untuk menghindari kesalahpahaman yang terjadi antara pihak kepolisian dengan anggota ormas.

"Karena memang kita menyampaikan secara komunikatif dengan baik, surat perintah dan sebagainya, mereka paham. Karena ini masalah bukan kasus ormas, ini pribadi," terang dia.

Wiraga mengatakan ketua ormas yang ditangkap terkait dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan serta narkoba merupakan contoh yang tidak baik bagi para anggota ormas.

"Sekali lagi, ini tidak ada kaitannya dengan ormas, walaupun jabatannya sebagai ketua ormas, ini juga menjadi contoh yang tidak baik," terang dia.

Sekadar diketahui, penangkapan Munaji oleh pihak kepolisian berdasarkan laporan dari masyarakat.

Setelah dilakukan gelar perkara, polisi kemudian melakukan penangkapan terhadap ketua PP Blora tersebut di markasnya, pada Selasa (14/12/2021) malam.


Terkait dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan tersebut, Munaji terancam hukuman 4 tahun penjara.

Setelah ditangkap, pihak kepolisian juga melakukan tes urine kepada Munaji dan istrinya.

Hasilnya kedua orang tersebut terindikasi positif mengonsumsi narkoba jenis methamphetamine alias sabu.

Sedangkan terkait dugaan tindak pidana penyalahgunaan narkoba, Munaji dan istrinya terancam pidana 4 tahun penjara.

Saat ini, kedua orang tersebut masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Mapolres Blora.

"Mungkin pengembangan ada saksi-saksi baru atau penetapan tersangka, nanti akan kami sampaikan lebih lanjut," terang Wiraga.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/15/121940578/tangkap-ketua-pemuda-pancasila-blora-kapolres-tak-ada-kaitannya-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke