Salin Artikel

"Halo, Pak Menteri, Saya dengan Petani Temanggung, Keluhannya Sama, Saat Panen Impor Justru Masuk"

Awalnya, Jokowi bersama sejumlah petani bawang sedang berbincang.

Para petani tersebut kemudian mengeluhkan soal impor bawang putih yang justru malah merugikan.

Jokowi kemudian memerintahkan ajudannya untuk menghubungi Mendag.

"Halo, Pak Menteri, ini saya dengan para petani di Temanggung. Keluhan mereka sama, pada saat panen bawang putih dan bawang merah, itu impornya jusru masuk, keluhannya selalu itu," ujar Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (14/12/2021).

Jokowi juga menyebut, karena impor tersebut, petani jadi pikir-pikir untuk kembali menanam bawang karena harganya yang jatuh.

"Keluhan mereka enggak mau nanam lagi karena harga jatuh, impornya pas masuk. Ini di Kecamatan Bansari, Temanggung," ujar Jokowi.

Usai menelepon Mendag, Jokowi memastikan bahwa masalah tersebut segera ditangani.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lumbung pangan (Food Estate) di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (14/12/2021).

Jokowi berkesempatan menanam bawang merah di lahan tersebut. Dia didampingi Menteri Pertanian Shayeul Yasin Limpo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Temanggung M. Al Khadziq, dan jajarannya.

"Saya bersama-sama dengan Menteri Pertanian, Menteri PU, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Temanggung dan para petani bersama-sama melakukan penanaman bawah merah. Kita lakukan di Kabupaten Temanggung ada 339 hektare," kata Jokowi dalam jumpa pers, usai kegiatan.

Dikatakan Jokowi, Kementerian Pertanian akan mendampingi para petani di kawasan food estate tersebut sehingga diharapkan bisa meningkatkan produktivitas hasil panen.

Satu hal yang paling penting, ujar Jokowi, adalah kesiapan off taker yang akan membeli hasil panen bawang merah di lahan food estate.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/14/180629578/halo-pak-menteri-saya-dengan-petani-temanggung-keluhannya-sama-saat-panen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke