Salin Artikel

Medan Diklaim Sudah Masuk PPKM Level 1, Ini Capaian Indikatornya

Hal tersebut diungkapkan menantu Presiden Jokowi itu berdasar sejumlah indikator yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Bobby menyebutkan, Kota Medan berada pada PPKM level 1 karena sejumlah indikator, salah satunya terkait vaksinasi.

"Benar Medan baru saja masuk PPKM level 1. Ada beberapa indikator dan sudah penuhi syarat. Terutama paling tinggi indikator testing harian kita penuhi syarat, vaksinasi lansia juga sudah terus dilakukan. Kita komitmen tingkatkan vaksinasi lansia di 60 persen," kata Bobby.

Capaian indikator yang sudah dicapai Medan

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Mardohar Tambunan membenarkan pernyataan Bobby.

Dia mengungkap, jika menilik sejumlah indikator yang diberikan Kemenkes, Kota Medan memang seharusnya sudah menerapkan PPKM level 1.

"Adapun capaian indikator yang dikeluarkan Kemenkes di antaranya, kasus konfirmasi, rawat inap, kematian yang merupakan indikator transmisi komunitas di Kota Medan berada dalam level tingkat 1 dengan persentase nol koma," kata Mardohar melalui keterangan tertulisnya, Senin (13/12/2021).

Selain itu, indikator kapasitas respons Covid-19 yang harus dilakukan pemerintah, yakni testing, tracing, dan treatment (3T) juga sudah masuk kategori memadai.

Ditambah lagi, Mardohar menyebut bahwa saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Medan sudah di atas 80 persen. Sedangkan untuk vaksinasi lansia sudah di atas 50 persen dengan target 60 persen.

"Dari indikator yang kita dapatkan langsung dari Kemenkes ya kita sudah level 1. Cuma dari pengumuman Mendagri per dua pekan kita masih level dua. Jadi pengumuman rutin dua pekan ke depan kalau indikator itu bisa kita pertahankan maka kita akan diumumkan masuk Level 1 PPKM. Maka itu saya harapkan semua lapisan masyarakat sama-sama menjaga agar tidak ada lonjakan kasus baru," jelasnya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi merespons pernyataan Bobby tersebut. Dia mengatakan, kalau bisa Bobby mengklaim kasus di sana sudah nol persen.

"Alhamdulillah. Kalau bisa, bila perlu mengklaimnya nol persen. Enggak usah satu," kata Edy.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/13/180057278/medan-diklaim-sudah-masuk-ppkm-level-1-ini-capaian-indikatornya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke