Salin Artikel

Ini Penjelasan Balai Jalan NTB soal Perusakan Jalan ByPass Mandalika karena Banjir

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat angkat bicara terkait banjir yang menggenang kawasan bundaran timur Mandalika, yang diduga disebabkan saluran irigasi yang kecil menunju arah pantai pada Jumat (15/12/2021).

Kepala BPJN NTB Reiza Setiawan menuturkan, ia membenarkan adanya warga melakukan perusakan jalan bypass bundaran Mandalika menunju Awang untuk mempercepat air mengalir ke arah pantai, agar tidak mengakibatkan banjir.

"Masyarakat punya inisiatif membongkar jalan tersebut dengan harapan air mengalir begitu, jadi dibongkar oleh masyarakat," ungkap Reiza, melalui sambungan telepon, Sabtu (11/12/2021)

Reiza menyebutkan, pihaknya saat ini telah melakukan koordinasi dengan warga, bersama pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengembang kawasan proyek yang semulanya menjadi lokasi aliran pembuangan air.

"Tim juga sudah ke sana berkomunikasi dengan masyarakat, dan mengundang ITDC, karena arah pembuangan air itu arahnya ke proyek ITDC," kata Reiza.

Reiza menuturkan, pihaknya telah membuat drainase dengan sesuai standar yang telah ditentukan.

"Kalau drainase-nya yang kami buat sudah sesuai standar ukurannya 2x2 meter, cuma arah aliran membuangnya ini yang kami lagi diskusikan," kata Reiza.

Pihaknya akan melakukan perbaikan jalan tersebut, mengingat proyek jalan tersebut masih dalam pemeliharaan.

"Pada prinsipnya tentunya kami akan perbaiki jalan tersebut, karena ini masih dalam masa pemeliharaan," kata Reiza.

Sebelumnya diberitakan, warga yang terdampak banjir di Dusun Songgong, Desa Sukadana, Lombok Tengah, tepatnya berada di sekitar bundaran Mandalika, merusak jalan bypass dari arah bundaran menuju Awang.

Warga merusak jalan tersebut karena saluran irigasi tidak bisa menampung air hujan sehingga terpaksa harus membongkar jalan agar airnya mengalir dengan lancar menuju pembuangan ke arah pantai.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/11/165454078/ini-penjelasan-balai-jalan-ntb-soal-perusakan-jalan-bypass-mandalika-karena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke