Salin Artikel

Banjir Rob Terjang Pesisir Pandeglang, 1.112 Warga Tiga Kecamatan Mengungsi

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pandeglang, Emil Salim mengatakan banjir rob terjadi di empat kecamatan yakni Sukaresmi, Carita, Labuan dan Panimbang.

"Sementara untuk pengungsi tersebar di tiga kecamatan antara lain di Kampung Kalangsari, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kantor Desa Sidomukti, Kecamatan Sukarame dan Kantor Kecamatan Panimbang," kata Emil kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (7/12/2021).

Banjir surut, pengungsi sudah pulang ke rumah

Pengungsi paling banyak, kata dia, berada di Kantor Desa Sidamukti sebanyak 396 jiwa. Lainnya tersebar di masjid serta kantor kecamatan.

"Update pagi ini air sudah surut, sebagian pengungsi sudah pada pulang ke rumahnya masing-masing," kata Emil.

Namun demikian, Emil mengimbau warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan melakukan evakuasi mandiri jika kemungkinan terjadi banjir rob susulan.

Dia juga meminta warga untuk terus memantau info perkembangan cuaca dari BMKG atau yang disampaikan BPBD.

Waspadai gelombang tinggi hingga 6 meter di pesisir Pandeglang

Banjir rob di pesisir Pandeglang terjadi pada Senin malam.

Berdasarkan informasi dari BMKG banjir rob terjadi akibat gelombang tinggi yang disebabkan pola angin di wilayah Indonesia utara dan selatan dengan kecepatan angin 8-30 knot.

Akibatnya, pesisir Pandeglang yang berada di perairan Selat Sunda mengalami gelombang sangat tinggi dengan ketinggian 4-6 meter.

"Dimohon untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Emil.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/07/081825878/banjir-rob-terjang-pesisir-pandeglang-1112-warga-tiga-kecamatan-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke