Salin Artikel

Monumen Pahlawan Covid-19 Diresmikan Besok, Wapres Dijadwalkan Hadir

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin direncanakan hadir dalam peresmian.

"Besok kita akan meresmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat sebagai simbol semangat bahwa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang menghargai pahlawan-pahlawannya. Salah satunya adalah pahlawan saat pandemi Covid-19," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Sate Bandung, Jumat (3/12/2021).

Emil menegaskan bahwa bangunan tersebut sudah dibuat sebelum pandemi melanda.

Namun, seiring pandemi, Pemprov Jabar memberikan nilai tambah di ruang publik untuk didedikasikan kepada para pahlawan Covid-19.

"Jadi ini merupakan bagian dari rencana masterplan revitalisasi Gasibu sampai Monju. Jadi bukan kegiatan yang berdiri sendiri, tapi ini masterplan yang kita cicil. Tadinya mau sekaligus, tapi karena keterbatasan anggaran, tentunya kita hadir secukupnya seperti ini. Jadi ini bukan hal baru, ini adalah sebagian dari rencana jangka panjang," tutur Emil.

Salah satu bentuk revitalisasi, menurut Emil, adalah renovasi monumen.

Untuk itu, revitalisasi tidak memerlukan izin mendirikan bangunan dan tidak ada duplikasi anggaran.

"Anggaran pertama dari APBD, kemudian ada ornamen untuk mengingat pahlawan Covid-19, itu dananya dari pihak ketiga. Jadi sudah sesuai aturan, sehingga tidak ada alasan semangat menghargai pahlawan ini dijadikan polemik yang tidak perlu," kata Emil.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/03/171101578/monumen-pahlawan-covid-19-diresmikan-besok-wapres-dijadwalkan-hadir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke