Salin Artikel

Bebasnya Valencya Buktikan Masih Ada Polisi, Jaksa, Hakim yang Baik, Berjuang Lawan Kekerasan Terhadap Perempuan

"Pada korban dan untuk siapapun di luar sana untuk jangan takut bicara. Hari ini kita membuktikan, masih ada polisi yang baik, jaksa yang baik, hakim yang baik," kata Rieke usai menghadiri sidang putusan Valencya di Pengadilan Negeri (PN) Karawang, Kamis (2/2/2021).

Menurutnya, masyarakat termasuk dirinya memang tidak bisa mengintervensi hukum. Namun rasa keadilan publik menjadi inti dari keadilan.

"Never ending story untuk perjuangan melawan kekerasan terhadap perempuan. Tapi di lain sisi jangan lupa semua orang kita lahir dari seorang perempuan," ucap Rieke.

Rieke menyebut ditariknya tuntutan satu tahun oleh jaksa penuntut umum (JPU) sebagai terobosan hukum dan bagian dari gerakan bersama memperbaiki sistem peradilan di Indonesia.

"Saya tidak menuduh adanya transaksional dalam kasus ini. Saya dari awal minta pembuktian terbalik kalau tidak ada transaksional, dan alhamdulillah keputusan hari ini (Valencya) bebas," ucap dia.


Rieke juga mengungkapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang mengawal perkara Valencya. Termasuk kepada majelis hakim.

Jika ada kasus serupa, masyarakat bisa mengirim direct message ke akun Instagram Rieke atau akun Instagram Laskar Juang Rieke Diah Pitaloka. "Mudah - mudahan kita bisa perjuangkan bersama," ucap dia.

Selain itu, meskipun tak lagi duduk di Badan Legislasi RI maupun komisi yang bersangkutan, Rieke mengaku tetap memperjuangkan pengesahan Rancangan Undang - Undangan Penghapusan Kekerasan Seksual.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/02/210911278/bebasnya-valencya-buktikan-masih-ada-polisi-jaksa-hakim-yang-baik-berjuang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke