Salin Artikel

PPKM Level 1, Kabupaten Semarang Gelar Ujian Tatap Muka

Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo Priyatmo mengatakan total ada 101 SMP dan 499 SD baik negeri maupun swasta yang mulai melaksanakan PAS 1.

“Alhamdulillah sampai hari ini belum ada laporan mengenai kendala yang dihadapi saat pelaksanaan PAS 1 tatap muka,” ujarnya, Selasa (30/11/2021) di SMP Negeri 1 Jambu.

Menurut Sukaton, masing-masing satuan pendidikan telah diberikan surat edaran mengenai prosedur operasional standar dalam pelaksanaan PAS 1 secara tatap muka di tengah pandemi Covid-19.

“Satu kelas maksimal 18 siswa, jarak tempat duduk antarsiswa 1,5 meter dan sebagainya. Sekarang PPKM Level 1, harapan kami pelaksanaan PAS ini lancar dan tanpa kendala," jelasnya.

Plt Kepala SMP Negeri 1 Jambu Heri Muryanto mengatakan pelaksanaan PAS 1 diatur dengan membagi jumlah siswa menjadi dua bagian berdasarkan nomor presensi agar tidak berkerumun.

“Untuk peserta PAS kita bagi sesuai dengan presensi. Hari pertama untuk absensi kecil dan kedua absensi besar. Pemisahan sesuai absensi ini sesuai dengan aturan 50 persen kapasitas kelas agar bisa menjaga jarak," ujarnya.

Dengan pembagian tersebut, dalam satu kelas hanya diisi maksimal 18 siswa, sehingga waktu pelaksanaan PAS 1 menjadi delapan hari.

“Sistemnya selang-seling, sehingga hari ini yang ikut PAS besoknya belajar di rumah. Satu hari tiga mata pelajaran yang diujikan dengan waktu masing-masing sesi ujian 90 menit. Dengan sistem ini PAS juga dilaksanakan lebih lama dari biasanya yang hanya 7 hari menjadi 8 hari, "kata dia.


Dalam pelaksanaan PAS tatap muka ini, protokol kesehatan (prokes) diterapkan secara ketat.

Mulai kedatangan siswa yang harus mencuci tangan sebelum masuk kelas, wajib memakai masker dan dicek suhu tubuhnya.

Siswa yang diketahui kurang enak badan maka tidak diizinkan mengikuti PAS.

Jika saat pelaksanaan ujian ada yang sakit, maka disediakan ruangan khusus untuk beristirahat.

“Bila kondisi anak tidak mendukung maka kami persilakan pulang ke rumah dan ikuti PAS susulan yang telah kami jadwalkan. Alhamdulillah sampai hari kedua ini seluruh siswa bisa hadir,” kata Heri.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/30/170517578/ppkm-level-1-kabupaten-semarang-gelar-ujian-tatap-muka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke