Salin Artikel

Ikan Langka Mola-mola Mati Terdampar di Pantai Penarukan Buleleng, Sempat Hendak Dipotong Warga

Setelah diteliti, bangkai ikan tersebut akhirnya dibawa kembali ke tengah laut.

"Ikan Mola-mola tersebut kemudian kembali ditenggelamkan di Perairan Pantai Penarukan," kata Kepala Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Buleleng AKP Wayan Parta saat dihubungi, Rabu (24/11/2021).

Parta menyebut, bangkai ikan mola-mola itu pertama kali ditemukan oleh warga pada Selasa (23/11/2021) sekitar pukul 15.00 Wita.

Mendapat informasi dari warga, petugas kepolisian bersama tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKDSA) dan tim Universitas di Ganesha (Undiksha) Singaraja lantas memeriksa bangkai ikan tersebut.

Dari pemeriksaan, ikan Mola-mola itu memiliki panjang sekitar 196 centimeter dengan lebar sekitar 130 centimeter dan panjang sirip bawah 90 centimeter serta sirip atas 92 centimeter.

Ikan tersebut juga memiliki lebar mulut 15 centimeter dan lebar mata 9 centimeter.

Pihaknya langsung membawa ikan itu ke tengah laut untuk ditenggelamkan demi menghindari masyarakat yang ingin mengonsumsi daging ikan tersebut.

"Ikannya ada yang mau potong, kami berikan pemahaman agar jangan dipotong," kata dia.

Terpisah, Kasubag Tata Usaha BKSDA Bali Prawono Meruanto mengatakan, pihaknya juga sudah menerjunkan tim untuk memeriksa. 

Namun ia belum memastikan penyebab kematian ikan tersebut.

"Satwa diperkitakan sudah tua dan terdampar ke pantai. Sampel bagian tubuh sudah diambil untuk dilakukan uji lab di Denpasar," tuturnya.

Ikan Mola-mola biasanya hanya dijumpai di perairan Bali Selatan dan mengarah ke timur Pulau Bali.

Ia mengaku heran ikan Mola-mola dijumpai di perairan Bali Utara yakni di Buleleng.

Prawono menduga ikan tersebut melakukan migrasi ke perairan Bali Utara.

"Ini baru kali pertama temuan ikan Mola-mola terdampar di perairan utara Bali, sepengatahuan saya. Biasanya, jika ada satwa yang terdampar di perairan utara Bali itu adalah jenis lumba-lumba, hiu, ataupun paus," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/24/171257478/ikan-langka-mola-mola-mati-terdampar-di-pantai-penarukan-buleleng-sempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke