Salin Artikel

Polisi Bakal Perketat Mobilitas Masyarakat di Solo Selama Libur dan Tahun Baru

Diketahui, selama libur Natal dan tahun baru, pemerintah akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh wilayah Indonesia.

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan pengetatan PPKM level 3 sebagai antisipasi agar tidak terjadi lonjakan penyebaran kasus Covid-19.

"Kita tidak ingin pengalaman-pengalaman sebelumnya terjadi lonjakan kasus di periode libur Natal dan tahun baru," kata Ade di Solo, Jawa Tengah, Rabu (24/11/2021).

Kendati demikian, Ade masih akan menunggu keluarnya Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo yang baru terkait PPKM level 3 untuk perapan pengetatan di lapangan.

"Kita masih menunggu SE Wali Kota terkait dengan implementasi secara teknis di lapangan," imbuh mantan Kapolres Karanganyar.

Di sisi lain, Polresta Solo telah berkoordinasi dengan pengurus gereja untuk mengidentifikasi gereja yang melaksanakan misa Natal.

"Ini sebagai bahan kami untuk mengefektifkan penempatan personel pengamanan selama Natal dan tahun baru berlangsung di Solo," kata dia.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan telah melakukan persiapan dalam menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Persiapan itu dilakukan dengan cara menyiagakan rumah sakit darurat, tempat karantina, serta tempat isolasi terpusat.

"BOR rumah sakit tetap standby semua. Rumah sakit darurat standby semua. Tidak ada yang kita bongkar atau tutup," terang Gibran di Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/11/2021).


Gibran menambahkan persiapan juga dilakukan guna mengantisipasi terhadap munculnya gelombang ketiga Covid-19.

Meski demikian, putra sulung Presiden Jokowi berharap tidak ada gelombang ketiga Covid-19 di Solo.

"Kan menjelang Nataru ini harus siap-siap semua. Antisipasi gelombang berikutnya juga. Tapi mudah-mudahan tidak ada," sambung dia.

Gibran mengatakan belum ada instruksi secara khusus mengenai pemudik yang masuk ke Solo dikarantina.

Tetapi, ayahanda Jan Ethes Srinarendra menerangkan, antisipasi sejak dini penting agar sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

"Belum ada instruksi khusus. Tapi tetap kita siapkan tempat karantina atau isolasi," ungkap suami Selvi Ananda.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/24/142256778/polisi-bakal-perketat-mobilitas-masyarakat-di-solo-selama-libur-dan-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke