Salin Artikel

Kementerian PUPR Bangun Geobag di Sungai Sintang, Tahap Pertama 4 Kilometer

Menurut Yosepha, tim Kementerian PUPR tengah melakukan survei dan geobag sudah datang. Rencananya, geobag akan dibangun sepanjang 4 kilometer.

“Menteri PUPR akan memberikan bantuan geobag untuk menahan banjir dengan panjang 4 kilometer. Tim sedang survei, geobag sudah datang,” kata Yosepha dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/11/2021).

Yosepha melanjutkan, saat banjir telah surut, geobag akan segera dipasangan, mulai dari depan Pendopo Bupati Sintang hingga Sungai Ana Melawi.

“Tahap pertama 4 kilometer dulu, nanti dilanjutkan,” terang Yosepha.

Yosepha melanjutkan, saat ini pihaknya tengah menyusun rencana rehabilitasi dan rekonstruksi pascabanjir.

Karena ke depan akan membangun bendungan atau waduk, serta pengerukan danau-danau dan perbaikan jalan yang rusak.

“Kami mohon pendampingan BPBD Provinsi Kalbar. Penanganan tentunya sesuai kewenangan yang ada. Kewenangan daerah, provinsi dan pusat,” terang Yosepha.

Diberitakan, Kementerian PUPR akan membangun geobag untuk penanganan banjir jangka pendek di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar).


Sebagai informasi, geobag adalah kantong geotekstil kekuatan tinggi yang diisi pasir yang tersedia dalam berbagai ukuran dan digunakan di tepian sungai, perlindungan pantai, dan pemecah gelombang lepas pantai.

“Prediksi BMKG, puncak La Nina hingga Februari 2022. Jangka pendek mengatasi banjir ini, kita akan membangun geobag, soal berapa panjang nanti kita ukur lagi oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan Barat,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dalam keterangan tertulisnya usai meninjau banjir di Sintang, Kamis (18/11/2021).

Menurut Basuki, geobag akan mengalirkan air, tetapi tidak mengalirkan sendimen. Terkait solusi lain, seperti pembuatan sumur resapan, akan dipikirkan ke depan.

“Ini hanya salah satu cara mengatasi saja. Supaya dampaknya tidak lebih parah dari banjir sekarang,” ucap Basuki.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/24/134804678/kementerian-pupr-bangun-geobag-di-sungai-sintang-tahap-pertama-4-kilometer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke