Salin Artikel

Kondisi Terkini, Banjir di Aceh Timur Mulai Surut

"Banjirnya sudah surut, aktivitas warga juga sudah mulai normal kembali,” kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Timur Ashadi seperti dikutip dari Antara, Minggu (22/11/2021).

Meskipun demikian, menurut Ashadi, curah hujan masih tinggi.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau masyarakat, terutama di sepanjang daerah aliran sungai untuk tetap waspada terhadap banjir.

“Bagi masyarakat yang rumahnya di pinggir sungai tetap berhati-hati. Jika sungai meluap, maka segera mencari tempat yang paling aman,” kata Ashadi.

Sebelumnya, ratusan rumah di tiga gampong atau desa di Kecamatan Indra Makmur terendam banjir akibat hujan deras yang melanda daerah itu.

Ketinggian air berkisar 20 hingga 50 sentimeter.

"Namun tidak ada laporan gelombang pengungsian. Warga dilaporkan masih bertahan di rumah masing-masing. Ketinggian air hingga setengah meter," kata Ashadi.

Ashadi mengatakan, berdasarkan data sementara, banjir terjadi di Desa Julok Rayeuk Selatan dengan korban terdampak mencapai 260 jiwa atau 52 kepala keluarga (KK).

Selanjutnya, di Desa Alue Le Mirah dengan korban terdampak mencapai 265 jiwa atau 65 KK.

Kemudian di Desa Jambo Lubok dengan korban terdampak mencapai 915 jiwa atau 183 KK.

Ashadi mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan banjir di Kecamatan Indra Makmur dan beberapa titik lain yang berpotensi terjadi banjir di Kabupaten Aceh Timur.

"Kami siaga di posko bencana. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial terkait penyaluran bantuan jika sewaktu-waktu terjadi pengungsi,” kata Ashadi.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/22/062122078/kondisi-terkini-banjir-di-aceh-timur-mulai-surut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke