Salin Artikel

Anjing Pitbull Ukuran XXL Seberat 60 Kg Kian Diminati, Harga Impornya Rp 700 Juta, "Mahar Kawinnya" Rp 10 Juta

Tapi, biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan anjing dengan genetik raksasa ini ternyata tidak murah.

Leo (63) warga Jalan Ermawar, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, pemilik anjing pitbull XXL dengan berat 60 kilogram bernama McGregor mengatakan, jika ingin mengimpor anjing jenis Pitbull XXL dengan berat di atas 50 kilogram uang yang harus dikeluarkan mencapai ratusan juta.

Harga impor sampai Rp 700 juta, mahar kawin sampai 10 juta

"Untuk yang sudah jadi seperti McGregor enggak ada yang jual di Indonesia. Kalau ngedatangin dari luar negeri 60 kilo bisa habis Rp 600 juta sampai Rp 700 juta," kata Leo saat ditemui Kompas.com di rumahnya, Jumat (19/11/2021).

Untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk memiliki anjing pitbull XXL seperti McGregor, cara lainnya adalah membeli genetik dengan cara mengawinkan McGregor yang memiliki darah XXL dari Thailand dengan anjing pitbull betina jenis lainnya seperti  American Staffordshire (Amstaff) atau American Bully.

"Maharnya (biaya kawin) Rp 10 juta. Garansi sampai anakan. Kalau gagal, nunggu 2 bulan  ternyata enggak melahirkan, bisa kawin lagi," ungkap Leo.

Risiko perkawinan ditanggung pemilik anjing betina

Namun demikian, ada risiko-risiko yang harus ditanggung oleh pemilik anjing betina jika dikawinkan dengan McGregor. Dari beberapa kali pengalaman mengawinkan, beberapa ekor anjing betina ada yang sampai mati saat proses hamil hingga melahirkan.

"Sudah 2 ekor betina yang mati karena anakannya besar-besar sampai harus di sesar. Sekali melahirkan rata-rata sampai 10 pupies (anak anjing)," bebernya.


Anakan anjing pitbull raksasa, usia 2,5 tahun beratnya 57 Kg

Genetik tidak akan berbohong, begitu yang dikatakan oleh Leo. Terbukti, salah satu anak dari McGregor, anjing betina bernama Esmeralda yang saat ini berusia 2,5 tahun, beratnya sudah 57 kilogram.

"McGregor waktu umur 2 bulan beratnya 6,7 kilogram. Rata-rata anakan McGregor dari anjing-anjing betina yang dikawinin sama McGregor umur 2 bulan beratnya lebih dari 6,7 kilogram," jelasnya.

Jika tidak mau repot dengan proses kawin hingga melahirkan,  pecinta anjing pitbull bisa membeli anakan dari McGregor atau anjing-anjing ukuran XXL lainnya.

"Kalau pupies usia 2 bulan jenis blue nose seperti McGregor ini harganya Rp 15 juta sampai Rp 20 juta tergantung warna sama besarnya untuk jantan.Kalau betina Rp 15 juta sampai Rp. 17 juta tergantung berat," ucapnya.

Lantaran jenisnya terbilang langka, Leo mengaku tidak akan menjual McGregor dengan harga berapapun. Bahkan tawaran untjk membeli McGregor pernah menyentuh angka Rp.150 juta.

"Pernah ada yang bilang tinggal sebut harganya mau minta beraoa tapi saya enggak mau. Kalau sampai enggak ada ya, kita punah," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/20/090000078/anjing-pitbull-ukuran-xxl-seberat-60-kg-kian-diminati-harga-impornya-rp-700

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke