Salin Artikel

"Prank" Yana Hilang di Cadas Pangeran, Ridwan Kamil: Jangan Semua Dikaitkan Supranatural, Sayangi Keluarga Kurangi Drama

Dalam unggahan Instagram pribadinya @ridwankamil, ia menceritakan soal hilangnya Yana yang menghebohkan warga hingga jagat dunia maya.

"Yana seorang warga Sumedang yang bikin heboh karena diduga hilang di jurang Cadas Pangeran Sumedang. Yang tertinggal hanyalah motornya di tepi jurang. Setelah 2 hari puluhan tim SAR mencari di lokasi, ternyata si Kang Yana ditemukan baik-baik saja di Majalengka," tulis Emil, sapaan akrabnya, di Instagramnya, Jumat (19/11/2021).

"Alasan Ngeprank: Ada masalah keluarga," tambah Emil.

Emil pun menyebut, terlepas apapun alasan Yana, tindakannya membuat semua pihak repot.

"Ada 3 tipe manusia: tipe nyusahin, tipe B aja, dan tipe manusia mulia yg selalu bawa manfaat. Yana van Cadaspangeran tipe yang pertama," ungkapnya.

Emil juga menyoroti soal keterlibatan paranormal untuk mencari Yana. Ia mengatakan, hilangnya seseorang tak selalu harus dihubungkan dengan supranatural.

"Jika ada orang hilang, jangan selalu dihubungkan dengan supranatural. Pasti ada penjelasan ilmiah rasional. Kasus Yana membuktikan itu. Sayangi keluarga dan kurangi drama," kata Emil.


Seperti diketahui, media sosial diramaikan kabar hilangnya seorang pria bernama Yana Supriatna (40) di kawasan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat, pada Selasa (16/11/2021) malam.

Sepeda motor yang dikendarai Yana, warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang terparkir di pinggir jalan Bandung-Cirebon dengan setang terkunci dan tanpa ada kerusakan di Cadas Pangeran.

Kabar tersebut ditambah dengan beredarnya narasi pesan suara dari Yana yang sedang menangis dan mengaku ada orang jahat yang menumpangnya.

Hal ini pun membuat banyak orang yakin bahwa misteri hilangnya Yana berhubungan dengan keangkeran wilayah Cadas Pangeran.

Namun, Yana akhirnya ditemukan dengan kondisi sehat di Dawuan, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Hal itu dikonfirmasi oleh Kabag Ops Polres Sumedang AKP Hario Prasetyo Seno.

"Betul, Saudara Yana kami temukan di wilayah Dawuan (Majalengka) sore tadi. Yana kami temukan dalam keadaan sehat wal'afiat," kata AKP Hario.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/19/205026378/prank-yana-hilang-di-cadas-pangeran-ridwan-kamil-jangan-semua-dikaitkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke