Salin Artikel

Wapres Sebut Indonesia dalam Fase Kritikal Pemulihan Ekonomi akibat Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mengatakan, Indonesia saat ini sedang dalam fase kritikal pemulihan ekonomi.

Menurut dia, pandemi Covid-19 berdampak pada seluruh negara termasuk Indonesia.

Sejak pandemi merebak awal tahun lalu, seluruh negara berupaya keras menyelamatkan jiwa sekaligus perekonomian.

"Saat ini kita dalam fase kritikal pemulihan ekonomi. Sebagaian negara pulih lebih cepat tetapi sebagaian besar negara masih tertinggal," ujar Ma'ruf Amin saat menjadi keynote speech secara daring dalam opening ceremony 9th ASEAN Universities International Conference on Islamic Finance yang digelar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Rabu (17/11/2021).

Ma'ruf menyampaikan, pemulihan ekonomi global akibat pandemi menghadapi sedikitnya tiga tantangan yaitu, kesenjangan akses vaksin, inflasi harga energi, serta disrupsi rantai pasok.

Selain tiga hal tersebut, tantangan yang juga harus dihadapi adalah perubahan iklim.

Dia mengungkapkan, pemulihan global harus dilakukan sinergi dan kolaborasi antarnegara.

Kolaborasi itu nantinya bukan hanya menyelesaikan masalah, tetapi juga memastikan terwujudnya pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di masa yang akan datang.

Ma'ruf meyakini nilai-nilai Islam mampu berperan dalam mewujudkan kolaborasi tersebut.

"Saya menyakini pula prinsip dan nilai Islam seperti membantu, saling membantu dan saling menolong mampu berperan dalam mewujudkan kolaborasi dalam upaya pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan," pungkasnya.

Selain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, hadir pula sebagai keynote speech secara daring Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/17/145924978/wapres-sebut-indonesia-dalam-fase-kritikal-pemulihan-ekonomi-akibat-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke