Salin Artikel

Cegah Lonjakan Covid-19, Gubernur Gorontalo Perketat Aturan Hadapi Natal dan Tahun Baru

Kebijakan ini merupakan bagian dari langkah antisipasi agar mobilitas mudik tidak menimbulkan lonjakan kasus Covid -19.

“Momentum perayaan Natal dan tahun baru harus diantisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus. Kita perketat aturan pergerakan orang, lokasi wisata, pertokoan dan lainnya. Langkah ini perlu diperkuat dengan vaksinasi, perketat protokol kesehatan, dan terus lakukan 3T,” kata Rusli Habibie usai menggelar pertemuan dengan forum koordinasi pimpinan daerah di Manado, Jumat (12/11/2021).

Rusli menambahkan, pemerintah pusat melalui Satgas Covid-19 telah memberikan peringatan terkait potensi lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru.

Menurut prediksi, sekitar 19 juta orang akan hilir mudik pada libur panjang akhir tahun itu.

“Mungkin di Gorontalo kecil, karena kita mayoritas muslim. Tapi mudik tahun baru ini yang bahaya. Misalnya orang Gorontalo mau Natal ke Manado, terus nanti mereka balik lagi. Ini yang harus kita perketat lagi dengan tes antigen dan swab tes,” jelasnya.

Rusli mengimbau seluruh unsur pemangku kepentingan terlibat untuk menjaga perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Untuk (aturan) mudik nanti kami bikin surat resmi di lingkungan sendiri dan imbauan kepada TNI/Polri hingga pemerintah kabupaten/kota. Tapi saya mau pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang di depan, teman-teman TNI/Polri hanya memantau. Jadi intinya pemerintah mencegah, TNI/Polri yang mengamankan,” ujar Rusli Habibie.

Terkait situasi Covid-19, secara agregat di kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo sampai dengan 10 November 2021, nol kasus positif Covid-19. 

https://regional.kompas.com/read/2021/11/13/090439278/cegah-lonjakan-covid-19-gubernur-gorontalo-perketat-aturan-hadapi-natal-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke