Salin Artikel

Dana Kemanusiaan Kompas Bantu Pengembangan Jaringan Air Minum Warga Solo

Launching ini ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama oleh DKK, KSM, Lurah Mojo, Bapppeda, Disperum KKP, dan IUWASH PLUS.

Launching Program Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga dihadiri Manajer Eksekutif Yayasan DKK Anung Wendyartaka, Lurah Mojo Margono, Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kota Surakarta Dandy Yoga Enconika, Direktur Umum Perumda Air Minum Kota Surakarta Bayu, Disperum KKP Kota Surakarta Ari Yulianto, Ketua KSM Mojo Waras Jumadi, dan Regional Manager IUWASH Plus Jawa Tengah Jefry Budiman.

Sasaran Program Pengembangan Jaringan Air Minum Perpipaan Keluarga adalah untuk meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi pada masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan.

Cakupan program kerja sama YDKK dengan KSM Mojo Waras ini adalah membangun jaringan perpipaan air minum keluarga sebanyak 60 sambungan rumah (SR) dengan nilai total bantuan sebesar Rp 87 juta.

Selain itu, program ini menggunakan skema pembiayaan dana bergulir yang dikelola oleh KSM Mojo Waras.

Rencananya perolehan hasil pengembangan melalui skema dana bergulir ini akan dimanfaatkan untuk pengembangan program sanitasi.

Launching program ditandai dengan penyerahan secara simbolis peralatan kerja dan meteran air kepada pelaksana teknis pembangunan jaringan air minum, pendatanganan kerja sama antara YDKK dan KSM Mojo Waras.


Manajer Eksekutif Yayasan DKK, Anung Wendyartaka mengaku senang bisa menyalurkan donasi pembaca Kompas dalam bentuk program pengembangan perpipaan jaringan air minum kepada masyarakat di Kelurahan Mojo Surakarta.

"Kami juga sangat senang dan termotivasi bekerja sama dengan KSM Mojo Waras yang begitu bersemangat sekaligus juga bekerja dengan sangat baik dan profesional dalam mewujudkan terlaksanya kerja sama ini," kata Anung dalam keterengan tertulisnya kepada Kompas.com, Jumat.

Pihaknya berharap program ini dapat membantu masyarakat Mojo untuk kebutuhan air bersih.

"Semoga program ini bisa berjalan lancar, seluruh warga bisa menikmati air bersih yang sangat dibutuhkan dan muaranya kualitas hidup masyarakat di Mojo bisa semakin baik.” sebut Anung.

Lurah Mojo Magono mengatakan berterima kasih atas bantuan pembaca Kompas melalui YDKK kepada masyarakat di Kelurahan Mojo.

“Terima kasih sekali atas bantuan pembaca Kompas melalui YDKK kepada masyarakat di Keluraha Mojo. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga di sini yang karena kondisi yang ada di mana kondisi kualitas air tanah yang buruk maka dengan adanya program ini mudah-mudahan persoalan kebutuhan air minum maupun air bersih yang layak bisa segera teratasi," kata dia.

Bantuan pembaca Harian Kompas melalui penyaluran YDKK dalam pembuatan program ini merupakan komitmen untuk membantu masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat Kota Surakarta yang membutuhkan sanitasi air bersih dan air minum yang baik.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/12/230251978/dana-kemanusiaan-kompas-bantu-pengembangan-jaringan-air-minum-warga-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke