Salin Artikel

Banjir dan Longsor Landa Sejumlah Desa di Jember, 230 Warga Mengungsi

Berdasarkan data Pusdalop Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, banjir melanda Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul. Sejumlah sekolah seperti raudhatul athfal (RA) hingga SMPN 1 terendam banjir setinggi 40 centimeter.

Banjir juga menggenangi Dusun Songgon, Desa Pondok Joyo, Kecamatan Semboro, Jember. Terdapat 475 rumah yang terendam banjir setinggi 70 centimeter. 

Di desa itu, sekitar 200 warga mengungsi ke balai desa. Sebuah mushala di desa itu juga terendam banjir.

Sebanyak 75 rumah di Dusun Godang, Desa Pondok Joyo, juga terendam banjir selama lima menit. Sementara 15 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Pondok Joyo, terendam banjir setinggi 30 centimeter.

BPBD menambahkan, 30 rumah di Desa Sidomulyo juga terendam banjir. Sejumlah warga terdampak banjir terpaksa mengungsi.

BPBD juga mencatat longsor yang terjadi di Desa Kramat Sukoharjo, Kecamatan Tanggul. Terdapat satu rumah yang terdampak longsor.

Longsor juga terjadi di Dusun Gambir, Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Jember. Akibat longsor itu, akses menuju obyek wisata Gunung Gambir tertutup.

Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo mengatakan, bencana tersebut terjadi karena hujan deras yang terjadi sejak Rabu (10/11/2021).

Pada sore hari, sungai tidak mampu menampung debit air hingga meluap ke permukiman warga.

“Proses evakuasi sudah selesai, air sudah berangsur surut,” kata dia kepada Kompas.com via telepon, Kamis.

Heru menambahkan, sebagian besar warga sudah pulang ke rumahnya.

Sekretaris BPBD Jember itu menambahkan, bencana itu terjadi di enam desa yang terdapat di tiga kecamatan. Sebanyak 577 rumah terdampak bencana, satu rumah rusak, dan sekitar 230 warga mengungsi.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/11/115853078/banjir-dan-longsor-landa-sejumlah-desa-di-jember-230-warga-mengungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke