Salin Artikel

Sugondo Djojopuspito Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Pemkab Tuban Mulai Kumpulkan Dokumen Pendukung

TUBAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berniat mengusulkan sosok pemuda kelahiran Tuban pemimpin sidang tercetusnya ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928, Sugondo Djojopuspito sebagai pahlawan nasional.

Wakil Bupati Tuban Riyadi mengatakan, Pemkab Tuban saat ini sedang menginventarisir dan mengidentifikasi dokumen pendukung serta catatan sosok Sugondo Djojopuspito.

"Pemkab Tuban akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan," kata Riyadi kepada Kompas.com saat melaksanakan kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ronggolawe, Tuban, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, sosok Sugondo Djojopuspito yang menjadi pemimpin sidang hingga tercetusnya ikrar sumpah pemuda pada tahun 1928 menjadi inspirasi bagi generasi muda penerus bangsa.

Sosok Sugondo Djojopuspito yang mampu merangkul pemuda seluruh Indonesia untuk menggelorakan semangat Nasionalisme saat itu tentunya menjadi kebanggaan masyarakat Tuban.

"Jadikan perjuangan pahlawan sebagai inspirasi untuk mengabdi dan memenuhi kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Riyadi menyampaikan, pada peringatan Hari Pahlawan saat ini harus menjadi momentum yang tepat untuk mengenang perjuangan para pendahulu, pahlawan, dan pemimpin sebelumnya.

Jiwa kepahlawanan sosok Sugondo Djojopuspito menjadi inspirasi yang mengalir terus dalam darah dan harus tetap digelorakan pada masyarakat terutama generasi muda di Kabupaten Tuban.

"Seluruh masyarakat Kabupaten Tuban agar meneladani perjuangan pahlawan yang ikhlas mencurahkan jiwa raganya," ujarnya.

Dia menyatakan, tonggak sejarah yang ditancapkan hendaknya dapat diteruskan dengan mewujudkan apa yang dicita-citakan para pendahulu.

Cerminan sikap tersebut di antaranya dengan memberikan sumbangsih sesuai dengan kompetensi masing-masing bagi bangsa Indonesia, khususnya Kabupaten Tuban.

“Kita berdoa bersama-sama semoga perjuangan yang telah dilalui para pahlawan kita menjadi ladang ibadah,” tuturnya.

Kapolres Tuban, AKBP Darman menambahkan, peringatan Hari Pahlawan hendaknya dipandang sebagai momentum untuk saling menguatkan, bahu-membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan pahlawan.

Nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah penuh dengan inovasi dan daya kreasi, karena setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, mulai dari menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya.

 “Jadikanlah pahlawan sebagai inspirasi di tiap langkah kehidupan kita,” tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/10/222420778/sugondo-djojopuspito-diusulkan-jadi-pahlawan-nasional-pemkab-tuban-mulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke