Salin Artikel

95 Ibu Hamil di Brebes Meninggal, 41 di Antaranya karena Terpapar Covid-19

BREBES, KOMPAS.com - Sedikitnya 41 ibu hamil di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dilaporkan meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, angka kematian ibu (AKI) hamil atau melahirkan sebanyak 95 kasus selama periode Januari- November 2021.

Selain itu, kata Idza, 54 kasus lainnya karena infeksi kehamilan, anemia, pendarahan, jantung, dan ekslamsi.

"Semuanya belum sempat mendapatkan vaksin, karena saat itu belum ada vaksinasi," kata Idza kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

Atas melonjaknya kasus tersebut, Idza mengaku kaget dan prihatin. Kendati adanya program vaksinasi disebut turut berhasil menekan AKI.

"Setelah ada program vaksinasi untuk ibu hamil di bulan Agustus, September dan Oktober, kasus AKI yang terpapar Covid-19 menjadi nol kasus,” sambung Idza.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Brebs dr Sri Gunadi Parwoko mengaku sudah berusaha menekan kasus AKI mulai dari hulu hingga hilir.

Upaya tersebut yakni dengan menggiatkan Program Gerakan Brebes Kawal (Grebek) Wong Meteng.

Melalui program tersebut, seluruh elemen masyarakat dilibatkan untuk membantu Pemerintah Brebes dalam upaya menekan AKI dan Angka Kematian Bayi (AKB).

“Juga ada Gerakan Penyelamatan Ibu dari Preeklamsia (Geprek), dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan memanfaatkan buku KIA (Germas Mabukia),” pungkas Gunadi.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/10/114852578/95-ibu-hamil-di-brebes-meninggal-41-di-antaranya-karena-terpapar-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke