Salin Artikel

Kisah Afandi, WN Inggris yang Ingin Jadi WNI, Hafal Pancasila dan Lagu Kebangsaan

Dia telah menjalani sidang pewarganegaraan pada Senin (8/11/2021 sebagai salah satu syarat mengajukan permohonan kewarganegaraan.

Dalam sidang tersebut, tim verifikasi menanyakan beberapa hal soal wawasan kebangsaan. Afandi bisa menjawab dengan baik.

Dia bahkan hafal Pancasila dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Mencintai budaya hingga ikut gotong royong

Ada alasan kuat mengapa Afandi yang tinggal di Jalan Mataram, Kuta, Kabupaten Bdung itu ingin menjadi warga negara Bali.

Dia mengaku sangat mencintai budaya Bali.

"Saya cinta budaya Bali," kata dia.

Afandi rupanya juga telah cukup lama tinggal di Bali.

"Sejak lahir hingga dewasa dirinya tinggal di Bali dan bersekolah sampai bekerja pun di Bali. Semua keluarga ada di Bali dan teman-teman pun semuanya di Bali," kata dia.

Bahkan Afandi kerap aktif terlibat dalam ngayah atau gotong royong.


Penjelasan tim verifikasi

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di Bali Jamaruli Manihuruk selaku kKetua Tim Verifikasi mengatakan, Afandi telah menyampaikan alasannya ingin menjadi WNI.

Jamaruli juga mengatakan Afandi telah menjalani sidang pewarganegaraan sebagai syarat pengajuan permohonan kewarganegaraan.

"Jika permohonan WNA atas nama Afandy Dharma Fairbrother disetujui dan memberikan sumbangsih dan kontribusi bagi negara Indonesia," kata dia.

"Secara formil, WNA tersebut dinilai baik, nantinya tim verivikator akan melakukan verifikasi lebih lanjut kelengkapan berkas untuk kemudin diajukan ke pusat," lanjut Jamaruli.

(KOMPAS.com/Ach Fawaidi)

https://regional.kompas.com/read/2021/11/08/182125878/kisah-afandi-wn-inggris-yang-ingin-jadi-wni-hafal-pancasila-dan-lagu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke