Salin Artikel

Soal Kematian Gilang Endi, Polisi Masih Cari Waktu yang Tepat Gelar Rekonstruksi

SOLO, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal Polresta Solo, Jawa Tengah akan menggelar rekonstruksi kasus tewasnya Gilang Endi Saputra (21).

Mahasiswa D IV K3 Sekolah Vokasi itu tewas saat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Pra Gladi Patria XXXVI Korps Mahasiswa Siaga Batalyon 905 Jagal Abilawa (Menwa).

Kepala Satuan Reskrim Polresta Solo AKP Djohan Andika mengatakan masih akan mencari waktu yang tepat untuk menggelar rekonstruksi kematian Gilang.

"Nanti kita bahasa secara internal dulu (kapan waktunya)," kata Djohan dikonfirmasi Kompas.com, Senin (8/11/2021).

Rekonstruksi kasus dilakukan dengan tujuan untuk melengkapi berkas perkara, sekaligus mengetahui peran dari masing-masing tersangka.

Diketahui, polisi telah menetapkan dua orang panitia sebagai tersangka kasus tewasnya mahasiswa asal Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Para tersangka berjenis kelamin laki-laki. Mereka adalah NFM (22) warga Kabupaten Pati dan FPJ (22) warga Kabupaten Wonogiri.

"Jadi nanti ada rekonstruksi. Selain untuk pemberkasan juga untuk mengetahui perannya masing-masing (tersangka)," terang dia.

Djohan menerangkan, sampai dengan saat ini sudah 26 orang saksi yang diperiksa. Mereka terdiri dari orangtua korban, panitia, peserta, warga setempat dan dosen.

Sebelumnya, Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan proses penyelidikan dan penyidikan masih terus dilakukan, meski sudah ditetapkan dua tersangka.

"Proses penyelidikan dan penyidikan terus berlanjut (on progress). Kita akan terus mengikuti perkembangan dari hasil penyidikan yang kita lakukan," kata Ade.

"Dan tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain. Namun, kita akan terus berprogres dengan tetap berpegang pada prinsip praduga tak bersalah," tambah dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/08/132921578/soal-kematian-gilang-endi-polisi-masih-cari-waktu-yang-tepat-gelar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke