Salin Artikel

Banjir Bandang di Kota Batu, Saksi Melihat 6 Mobil Hanyut dan Warung Hancur Diterjang Air

Akibat banjir tersebut, sebuah warung makan, Pondok Osing yang berada di sebelah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu, Jl Raya Dieng, hancur diterjang banjir yang membawa material lumpur dan kayu.

Tidak ada korban jiwa atas kejadian di warung itu.

Namun seorang saksi yang berhasil menyelamatkan diri, Ricko Aditya, menceritakan ada enam mobil yang hanyut terbawa arus air.

Ricko menceritakan, sebelum banjir terjadi, ia dan dua rekannya sedang membeli makan di warung Pondok Osing. Kemudian hujan deras turun membuat permukaan air naik.

"Awalnya kenaikan air kecil, tapi lama-lama membesar," ujarnya. dikutip dari Tribun Jatim.

Saat itu kedua temannya yang lain sedang pergi ke belakang warung. Karena debit air terus bertambah, Ricko langsung menyelamatkan diri naik ke lantai dua.

Dari atas, ia melihat langsung enam mobil hanyut terbawa arus. Ada satu mobil berada di belakang, dan lima lainnya parkir di depan.

"Kedua teman saya ada di bawah, mereka tidak terlihat. Saya coba teriak minta tolong namun suara saya kalah dengan suara hujan," paparnya.

Seorang temannya selamat karena menepi dan satu orang lagi hanyut terbawa arus hingga ke area persawahan.

Namun ia dapat diselamatkan dan dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan pelayanan medis.

Korban lainnya adalah Sudarmanto, pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Mobil Honda Jazz miliknya hanyut oleh arus banjir.

"Waktu itu saya sedang berada di dalam kantor. Saya tidak tahu ada banjir," imbuh Sudarmanto.

Sudarmanto akhirnya mengetahui adanya banjir setelah terdengar keramaian. Ketika ia keluar, ia melihat mobil yang biasa diparkir di depan warung sudah hilang.

"Saya sudah tidak melihat mobil yang saya parkir di depan warung. Aaya memang biasa parkir di situ," ujarnya.

Hujan deras yang terjadi sejak Kamis sore mengakibatkan banjir bandang yang menerjang Kota batu.

Banjir terpantau berawal dari Desa Sumber Brantas, lalu turun ke Desa Tulungrejo, Bulukerto, Sidomulyo dan Bumiaji.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, air yang membawa material lumpur beserta kayu menggenangi jalanan di Desa Sumber Brantas.

Pada foto-foto yang ditunjukan, kayu-kayu berukuran besar juga terlihat menutup jalan.

Sejumlah warga mencoba menyingkirkan material kayu yang terseret banjir dari depan rumah mereka. Bahkan juga ada yang melintang di jalan.

Hingga Kamis sore, banjir dan hujan masih terjadi di Desa Sumber Brantas. Petugas menuju lokasi untuk melakukan pertolongan dan upaya mitigasi dampak bencana alam.

Artikel ini telah tayang di SuryaMalang.com dengan judul Breaking News - Banjir Bandang Terjadi di Kota Batu, Saksi Lihat 6 Mobil Hanyut

https://regional.kompas.com/read/2021/11/04/201000778/banjir-bandang-di-kota-batu-saksi-melihat-6-mobil-hanyut-dan-warung-hancur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke