Salin Artikel

Unesa Bebaskan Biaya UKT hingga Beri Beasiswa Atletnya yang Raih Medali di PON Papua

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada seluruh atlet Unesa yang berangkat ke Papua dalam bentuk pembebasan UKT.

Kemudian untuk atlet peraih medali, hingga akhir masa studi juga diberikan keringanan khusus untuk tugas akhir agar bisa fokus latihan.

Atlet peraih medali, terutama yang meraih medali emas akan diberi beasiswa studi lanjut di Unesa.

Karena itu, para atlet peraih medali yang ingin melanjutkan studi di jenjang magister juga diberi beasiswa S-2 hingga S-3 di Unesa.

"Nanti atlet kita, peraih emas atau medali ini yang mau S-2 atau S-3 tentu kita arahkan jadi dosen di Unesa," kata Nurhasan, dikonfirmasi Rabu (3/11/2021).

Berdasarkan SK, setidaknya ada sekitar 70 atlet yang mendapat penghargaan tersebut.

Mereka turun di berbagai nomor lomba dan cabang olahraga.


Apresiasi kampus

Nurhasan menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Unesa atas prestasi dan capaian para atlet yang telah mengharumkan nama Unesa dan Jawa Timur di pekan olahraga nasional.

Menurut dia, torehan para atlet di luar dugaan dan hasilnya pun luar biasa.

"Total ada sebanyak 62 medali yang diboyong atlet Unesa untuk kontingen Jawa Timur. Rinciannya 16 emas, 22 perak dan 24 medali perunggu. Perolehan itu mencatatkan atlet Unesa sebagai penyumbang medali terbanyak untuk Jawa Timur," ujar Nurhasan.

Tidak hanya itu, Nurhasan mengungkapkan, beberapa atlet Unesa juga berhasil memecahkan rekor PON dalam cabor renang.

Atlet itu adalah Adinda Larasati Dewi yang dinobatkan sebagai atlet putri tercepat dalam nomor renang 100 meter gaya kupu-kupu.

Selain memecahkan rekor renang, ia sendiri juga berhasil memboyong sebanyak 9 medali, terdiri dari 8 emas dan 1 perak cabor renang.

Capaian itu menjadikan Adinda Larasati Dewi sebagai atlet PON XX Papua yang paling berprestasi.

https://regional.kompas.com/read/2021/11/03/151758778/unesa-bebaskan-biaya-ukt-hingga-beri-beasiswa-atletnya-yang-raih-medali-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke