Salin Artikel

Mahasiswa UNS Tewas Saat Diklatsar Menwa, Gibran: Jangan sampai Terulang Lagi

Berdasarkan hasil otopsi, kematian mahasiswa Program Studi Diploma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja tersebut diduga akibat kekerasan benda tumpul.

"Jangan sampai terulang lagi (dugaan kekerasan)," kata Gibran di Bengawan Solo Park, Solo, Jawa Tengah, Minggu (31/10/2021).

Kawal proses hukum

Gibran mengaku terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian guna mengawal proses hukum kasus meninggalnya Gilang saat diklatsar.

Dia kembali menegaskan, kasus dugaan kekerasan di dunia pendidikan tidak boleh kembali terulang.

"Nanti hasil otopsi seperti apa, keputusan seperti apa, kita ikut mengawal saja. Yang jelas kejadian-kejadian itu jangan sampai terulang lagi," terang dia.

Sebelumnya, Polresta Solo telah menerima hasil otopsi meninggalnya Gilang Endi Saputra (21) dari Rumah Sakit Bhayangkara Semarang pada Jumat (29/10/2021) pukul 11.00 WIB.

Berdasarkan hasil otopsi, penyebab meninggalnya mahasiswa D4 Prodi Kesehatan dan Keselamatan Kerja Sekolah Vokasi UNS Solo saat mengikuti Diklatsar Menwa akibat kekerasan karena benda tumpul. 

"Dari hasil otopsi disimpulkan bahwa penyebab kematian (Gilang) karena luka akibat kekerasan benda tumpul yang menyebabkan mati lemas," kata Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.


Polisi memastikan terus melakukan penyidikan dengan meminta keterangan ahli yang dilibatkan dalam otopsi jenazah Gilang dari tim kedokteran forensik.

"Kita akan melakukan pemeriksaan terhadap dokter jaga yang pada saat itu menerima pertama kali korban ketika tiba di RSUD Dr Moewardi pada Minggu (24/10/2021) pukul 22.02 WIB," kata dia.

"Termasuk pemeriksaan ahli yang akan kita mintai keterangannya terkait dengan hasil otopsi yang sudah keluar pada hari ini," tambah dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/31/134400678/mahasiswa-uns-tewas-saat-diklatsar-menwa-gibran-jangan-sampai-terulang-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke