Salin Artikel

Cerita Polwan Akira Bantu Warga Kebanjiran di Dumai, Dorong Motor Mogok hingga Gendong Anak Sekolah

Polwan itu selain membantu melancarkan arus lalu lintas, juga rela mendorong sepeda motor warga yang mogok hingga menggendong anak sekolah.

Polwan ini adalah Ajun Komisaris Pertama (AKP) Akira Ceria, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Dumai.

Dalam video yang diterima Kompas.com, Akira tampak rela basah-basahan mengatur lalu lintas di jalan yang tergenang air itu.

Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur Kota Minyak itu.

Sejumlah sepeda motor warga mogok akibat nekat menerobos banjir dengan kedalaman sekitar 60 sentimeter. Melihat warga yang mendorong sepeda motor, Akira bergegas menolongnya.

Sosok wanita itu menjadi seorang pahlawan, karena membantu mendorong pemotor yang mogok terjebak banjir.

Dengan mengenakan mantel hujan dan bersepatu bot plastik, Akira bersusah payah mendorong sepeda motor matik milik pemotor yang mogok akibat menerjang genangan air.

Tak hanya mendorong sepeda motor yang mogok, Akira juga membantu menggendong anak sekolah dasar (SD) yang hendak menyebrang jalan yang digenangi banjir.

Dia tak menghiraukan kondisi dirinya dan rela berbasah-basahan untuk membantu warga dan pengendara yang melintas.


Kapolres Dumai AKBP Muhammad Kholid saat dikonfirmasi membenarkan adanya pengaturan arus lalu lintas di ruas jalan yang terdampak banjir.

Menurutnya, pengaturan lalu lintas setiap hari dilakukan oleh personel Satlantas Polres Dumai disejumlah ruas jalan di Kota Dumai.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah kemacetan, sekaligus membantu melancarkan arus lalu lintas bagi masyarakat pengguna jalan yang akan beraktivitas. Apalagi dimusim penghunjan seperti saat ini. Jadi, kita tempatkan personel di lokasi-lokasi banjir, selain untuk pengaturan lalu lintas juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan," ujar Kholid dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Dumai AKP Akira Ceria mengimbau kepada pengguna jalan, khsususnya yang menggunakan roda dua maupun roda empat, agar lebih meningkatkan kewaspadaan di saat musim hujan.

"Kita mengimbau masyarakat yang berkendara harus hati-hati saat musim hujam. Sebab, ruas jalan menjadi licin dan banjir rawan kecelakaan serta dapat merusak mesin kendaraan,” tambah Akira.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/27/190000378/cerita-polwan-akira-bantu-warga-kebanjiran-di-dumai-dorong-motor-mogok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke