Salin Artikel

LRT yang Rusak akibat Tabrakan di Cibubur Segera Diperbaiki di Madiun

Penarikan agar kereta LRT yang rusak segera diperbaiki dan bisa dioperasionalkan kembali.

“Kerusakan sarana LRT Jabodebek akibat kecelakaan kerja tersebut masih bagian dari proses produksi. Untuk itu, PT INKA akan menarik kembali LRT yang rusak untuk diperbaiki di pabriknya di Madiun,” kata Senior Manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT INKA (Persero), Bambang Ramadhiarto, Selasa (26/10/2021).

Langkah penarikan kembali dua unit kereta LRT yang rusak akibat tabrakan setelah PT INKA telah melakukan investigasi internal di lokasi untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan.

Bambang mengatakan, hasil investigasi internal sementara ini ditemukan dugaan adanya human error.

Sebab, pada saat pengujian, seluruh fungsi sarana LRT Trainset No 29 di lintasan LRT dekat Harjamukti Cibubur, dalam kondisi baik.

Diduga kecelakaan itu terjadi lantaran operator (masinis) yang melakukan uji gerak (dinamis) LRT tidak segera menjalankan fungsi pengereman ketika menata Trainset No 29 menuju posisi stabling/parkir.

“Kejadian ini menurut kami merupakan kecelakaan kerja pada saat proses uji gerak (dinamis) LRT di lintasannya. Uji dinamis sendiri merupakan kelanjutan dari proses produksi LRT yang dilakukan oleh PT INKA sebagai pabrikannya di Madiun," ujar Bambang.

Bambang menambahkan, sebelum LRT dibuka untuk kebutuhan transportasi publik pada tahun 2023 nanti, keseluruhan sistem LRT harus diuji.


Sistem itu mulai dari fungsi sarana/keretanya sendiri, lintasannya, persinyalannya maupun fungsi-fungsi prasarana lainnya seperti di stasiun-stasiun pemberhentian dan perangkatnya harus terintegrasi.

Hal ini karena pada saat pengoperasiannya untuk publik, transportasi LRT Jabodebek ini merupakan kesatuan integrasi sistem yang akan berjalan secara otomatis.

Terlebih, nanti LRT akan berjalan tanpa masinis (driverless).

Diberitakan sebelumnya, LRT rute Cawang-Cibubur bertabrakan pada Senin (25/10/2021).

Tabrakan tepatnya terjadi di atas ruas Tol Jagorawi KM 12/600, Cipayung, Jakarta Timur.

Foto yang diterima Kompas.com menunjukkan gerbong depan antara dua kereta saling bertemu, di mana salah satu gerbong menghimpit gerbong lainnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/26/163329978/lrt-yang-rusak-akibat-tabrakan-di-cibubur-segera-diperbaiki-di-madiun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke